facebook

5 Tips Memilih Rekomendasi Klinik dan Dokter Hewan

Novan Harya Salaka
5 Tips Memilih Rekomendasi Klinik dan Dokter Hewan
Ilustrasi Vet. (Pixabay/13228026)

Memilih dokter hewan yang tepat adalah hal penting bagi kamu yang memiliki peliharaan. Keberadaan dokter hewan adalah elemen pendukung yang memastikan bahwa peliharaanmu dapat hidup sehat dan berumur panjang. Lalu, kapan kamu bakal membutuhkan seorang dokter hewan? Dan bagaimana cara menemukan rekomendasi dokter hewan terbaik?

Melansir dari WebMD, saat terbaik untuk mencari dokter hewan justru sebelum kamu membutuhkannya. Setelah mengadopsi hewan peliharaan atau baru saja pindah ke tempat baru, segeralah cari dokter hewan. Jangan tunggu sampai kucing atau anjing peliharaanmu sakit dan terluka untuk mencari dokter.

Setelah memahami prinsip ini, selanjutnya adalah menentukan rekomendasi klinik hewan dan dokter terbaik.

Mengutip dari Blue Cross, berikut adalah hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih klinik hewan:

1. Utamakan pendapat orang yang kamu kenal

Sebelum kamu berselancar di dunia maya dengan rekomendasi klinik hewan dan ulasan yang tak terhitung jumlahnya, coba bertanyalah pada orang-orang terdekat atau kenalanmu secara personal. Informasi dari pet shelter, tetangga, atau saudara dapat membantumu mendapat informasi yang benar-benar kamu butuhkan secara langsung.

2. Pastikan para staf punya perilaku yang baik pada hewan

Semua pecinta hewan pasti menginginkan peliharaannya berada di tangan yang tepat. Pastikan semua staf dapat merawat peliharaanmu dengan baik dan penuh simpati. Dalam kondisi tertentu, mereka mungkin memang harus mengekang peliharaanmu, namun tidak ada alasan yang mengharuskan mereka melakukannya dengan kasar.

Selain itu, pastikan bahwa kamu sebagai pemilik hewan mendapat informasi lengkap yang dibutuhkan tentang apa yang sedang terjadi pada peliharaanmu serta perawatannya.

3. Lokasi

Pertimbangkan rekomendasi klinik hewan yang kamu dapat dengan lokasimu. Memilih tempat praktek atau rumah sakit hewan yang berdekatan dengan tempat tinggalmu adalah ide yang bagus. Selain praktis, lokasi yang terjangkau juga memudahkan kamu dalam keadaan darurat.

Pastikan tempat praktek atau klinik hewan punya akses terhadap kendaraan pribadi atau berdekatan dengan terminal transportasi umum. Ingat bahwa penanganan yang cepat dan tepat dapat menyelamatkan nyawa peliharaanmu.

4. Jam Operasional

Semua dokter hewan perlu membuat janji dengan klien bila membutuhkan perawatan di luar jam operasional. Bisa jadi pula, suatu tindakan tidak dilakukan di tempat praktek biasa karena kurangnya fasilitas pendukung dan harus dirujuk ke tempat lain.

Maka cek kembali waktu dan jam operasional tempat praktek langgananmu, tanyakan apakah mereka juga buka pada akhir pekan. Bila peliharaanmu harus rawat inap, tanyakan pula apakah ada staf jaga yang memonitor perkembangannya.

5. Harga

Harga yang dipatok tiap-tiap praktek maupun klinik hewan dapat bervariasi, tergantung dari lokasi, fasilitas, dan lain-lain. Petugas biasanya akan memberikan berapa biaya yang harus dibayar untuk perawatan rutin, maka pastikan untuk bertanya layanan apa saja yang ter-cover biaya ini.

Demikianlah beberapa tips memilih rekomendasi klinik hewan terbaik. Prinsipnya adalah bertanyalah bila masih ada sesuatu yang meragukan. Pastikan kebutuhanmu dan hewan peliharaanmu berada di tangan yang profesional.

Sumber:

https://pets.webmd.com/finding-right-vet-pet#091e9c5e82119c3c-1-3 

https://www.bluecross.org.uk/advice/pets/choosing-the-right-vet-practice 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak