facebook

7 Fitur Baru Google Maps, Bisa Pantau Keramaian hingga Reservasi Restoran

Novan Harya Salaka
7 Fitur Baru Google Maps, Bisa Pantau Keramaian hingga Reservasi Restoran
Ilustrasi Google Maps (Pixabay/albersHeinemann)

Aplikasi navigasi seperti Google Maps semakin dibutuhkan di zaman sekarang untuk berbagai kalangan. Pendatang, wisatawan, sopir, dan pemandu wisata sangat terbantu dengan aplikasi semacam ini. Bagi kamu pecinta travelling dan kuliner, fitur baru Google Maps ini bakal memudahkan kegiatanmu. Merangkum dari Cnet, berikut adalah daftarnya.

1. Navigasi di bandara atau mall, dan stasiun

Bila kamu kebingungan mencari lokasi ketika di dalam mall, Google Maps kini telah memperluas direktorinya untuk mall, bandara, dan stasiun transit. Dengan fitur baru ini, kamu akan dipermudah untuk mencari tempat makan terdekat menjelang jadwal kereta atau pesawatmu.

Selain itu, direktori baru ini juga mencakup jam padat dan terletak di lantai berapa tempat yang kamu cari, seperti restoran, toko, tempat parkir, atau ruang tunggu.

2. Melihat seberapa ramai suatu tempat

Pada update terbarunya, Google Maps menambahkan fitur Google Maps busyness tool. Fitur ini pada dasarnya menunjukkan seberapa padat atau ramainya suatu lokasi. Sebelumnya, fitur ini hanya dapat digunakan dengan mencari terlebih dahulu suatu lokasi, untuk kemudian melihat grafik keramaiannya secara real-time. Kini, fitur tersebut tidak hanya dapat mencakup suatu lokasi, melainkan memiliki cakupan area yang lebih besar.

3. Melacak jadwal perjalanan

Google Maps, selain dapat memetakan perjalanan kamu, kini juga bisa menunjukkan jadwal penerbanganmu, reservasi hotel dan restoran, sewa mobil, dan seterusnya. Bagi kamu pecinta travelling atau jalan-jalan, fitur baru Google Maps ini tentu dapat membantu menghemat waktu tanpa perlu repot mengecek e-mail dan mengkonfirmasi reservasi satu per satu.

4. Reservasi restoran langsung dari aplikasi

Merencanakan dan mempersiapkan urusan makan untuk liburan beberapa hari dapat menjadi tugas yang sangat merepotkan. Bila kamu lebih senang menghabiskan waktu bersama keluarga dan kurang suka mengerjakan sesuatu di dapur, fitur baru Google Maps dapat membantu reservasi restoran untuk makan siang atau makan malam.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa tak semua restoran menyambungkan jalur reservasi restorannya dengan Google Maps. Selain itu, pertimbangkan juga jam sibuk restoran untuk menghindari pesanan yang terlalu lama.

5. Google maps offline

Bila kamu suka bepergian ke tempat yang jauh dan tak terjangkau jaringan internet, fitur Maps offline dari Google Maps masih dapat memberikan arahan tanpa memerlukan sinyal. Dengan mengunduh terlebih dahulu suatu lokasi beserta petunjuk arahannya, kamu dapat bepergian tanpa khawatir kehilangan sinyal di tengah perjalanan.

Perlu menjadi catatan, ketika mode Google Maps offline aktif, beberapa fitur seperti info keramaian real-time tidak dapat digunakan.

6. Temukan tempat pengisian bahan bakar

Bila kamu sedang keluar berkendara dan hampir kehabisan bahan bakar, fitur baru Google Maps dapat mencari dan menunjukkan tempat pengisian bahan bakar terdekat dari lokasimu. Selain tempat pengisian bahan bakar minyak, fitur ini juga mencakup pencarian charging port untuk kendaraan listrik, termasuk tipe konektor dan estimasi lama waktu pengisian.

7. Bagikan lokasi

Ketika melakukan travelling beramai-ramai, pasti sangat menyebalkan bila ada anggota grup yang terpisah-pisah dan kesulitan menemukan keberadaan satu sama lain. Fitur baru Google Maps ini dapat membantu menyelesaikan masalah ini.

Itulah 7 fitur baru Google Maps yang cocok untuk para pecinta travelling dan kulineran. Dengan mengaktifkan fitur GPS pada ponsel, fitur baru Google Maps dapat membagikan lokasi riil pada temanmu secara langsung untuk mempermudah pencarian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak