facebook

5 Jenis Fotografi yang Cocok untuk Pemula, Tertarik Mencobanya?

Mohamad Ismail
5 Jenis Fotografi yang Cocok untuk Pemula, Tertarik Mencobanya?
Ilustrasi fotografer. (Pexels)

Jika kamu menyukai atau bersemangat dalam dunia fotografi, maka bisa jadi tidak ada yang lebih menggembirakan dibandingkan saat memegang kamera dan menjelajahi tempat-tempat menarik untuk dijadikan sebuah karya fotografi. Dunia fotografi memang terbilang sangat luas. Ada berbagai teknik fotografi yang bisa atau kamu ciptakan sendiri demi mendapatkan karya yang luar biasa.

Namun jika kamu adalah salah satu fotografer pemula yang baru terjun ke dalam dunia fotografi. Berikut beberapa jenis fotografi yang layak kamu coba untuk mendapatkan kepuasan karya yang maksimal.

1. Fotografi Potret (Portrait Photography)

Jenis fotografi ini mungkin menjadi salah satu yang paling banyak dieksplorasi oleh para fotografer. Setiap fotografer pemula maupun profesional, setidaknya pasti pernah melakukan jenis fotografi yang satu ini.

Fotografi potret bukan hanya tentang mengarahkan kamera ke arah seorang model dan menjepret gambar begitu saja. Fotografi potret juga sangat erat kaitannya dengan semua tentang emosi dan ekspresi yang digambarkan dalam hasil gambarnya. 

Jenis fotografi serupa lainnya adalah bidikan candid. Dalam fotografi candid, fotografer mengabadikan momen dengan sangat spontan. Gambar-gambar yang dihasilkan tidak direncanakan dan memberikan efek yang natural.

2. Fotografi Jalanan (Street Photography)

Jika kamu tidak ingin terpaku pada satu objek tertentu, maka fotografi jalanan adalah sesuatu yang harus kamu coba. Jalanan tidak memiliki tema atau konsep khusus, sehingga hal ini memungkinkan kamu untuk menjelajahi lebih dalam kebebasan dalam menghasilkan karya seni melalui fotografi. Selain itu, keuntungan tambahan lainnya adalah berbagai jenis kamera dapat digunakan untuk memotret jenis fotografi ini.

3. Fotografi Lanskap (Landscape Photography)

Lanskap atau biasa disebut dengan fotografi alam adalah bentuk fotografi yang paling alami. Jenis fotografi ini bertujuan untuk menangkap keindahan planet kita. Pemandangan lanskap yang umum dipotret adalah daratan, langit, dan air.

Sebagai fotografer pemula, kamu dapat memanfaatkan lanskap ini untuk memamerkan pemandangan alam melalui tangkapan kamera kamu. Selain itu, jika kamu benar-benar berencana untuk menguasai bidikan alam yang fotogenik, selalu disarankan untuk mulai menggunakan kamera DSLR atau kamera mirrorless.

Meskipun beberapa smartphone terbaru telah dilengkapi dengan fitur kamera yang hebat, namun hal itu belum cukup jika kamu menginginkan bidikan alam yang lebih tajam dan jernih.

4. Fotografi Makanan (Food Photography)

Fotografi makanan adalah jenis fotografi yang selalu kita nikmati baik sebagai seorang fotografer maupun tidak. Fotografi makanan mudah sekali ditemukan disekitar kita seperti di meja makan, menu restoran, dan sebagainya. Tak hanya itu, media sosial juga telah memainkan pengaruh besar pada kecanduan kita untuk mengklik gambar makanan. 

Tidak seperti semua jenis fotografi lainnya, fotografi makanan tidak memerlukan kamera profesional. Ada banyak ponsel kamera bagus yang sudah sangat cocok untuk jenis fotografi ini. Selanjutnya, ingatlah untuk selalu memanfaatkan cahaya alami, karena penggunaan flash dapat mengurangi kesan alami dalam fotografi makanan.

5. Fotografi Makro (Macro Photography)

Jika kamu suka mengambil gambar dengan detail dan jelas, fotografi makro dapat menjadi salah satu opsi yang wajib kamu coba. Jenis fotografi ini juga bisa kamu lakukan dengan memiliki peralatan yang tepat. Misal kamera smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur makro.

Itulah tadi lima jenis fotografi yang cocok untuk pemula. Beberapa memang tampak lebih mudah daripada yang lain. Terlepas dari hasilnya, aspek terpenting dari fotografi tentang kenyamanan kamu dengan kamera dan lingkungan tempat kamu mengambil gambar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak