facebook

Jangan Dibiarkan, 5 Cara Ampuh Membasmi Hama Ulat pada Tanaman Hias

Zulfah Ariyani
Jangan Dibiarkan, 5 Cara Ampuh Membasmi Hama Ulat pada Tanaman Hias
Bercocok tanam (Pexels/Anna Shvets)

Apakah kamu memiliki hobi bercocok tanam? Jika iya, tentu salah satu hal yang paling tidak kamu sukai adalah adanya hama di tanamanmu. Hama yang muncul pun bisa bermacam-macam, salah satunya adalah ulat.

Ulat menjadi hama yang paling menyebalkan karena mampu memakan daun-daun tanaman. Sehingga, tanaman tidak bisa tumbuh optimal. Ulat secara perlahan akan menggerogoti daun tanaman milikmu yang kemudian akan menyebar luas. Hal ini akan menyebabkan tanaman menjadi layu dan mati. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada beragam cara yang bisa kamu gunakan untuk membasmi hama ulat tersebut. Berikut 5 cara ampuh membasmi hama ulat pada tanaman.

1. Bakar Populasi Ulat

Jika hama ulat sudah terlalu banyak dan mengganggu tanaman, maka kamu bisa membakar populasinya. Karena jika dibiarkan, maka hama ulat akan semakin bertambah banyak dan sangat merugikan tanaman. Kamu bisa memulainya dengan mengumpulkan ulat-ulat yang ada pada tanamanmu, kemudian kumpulkan dalam satu wadah. Jika sudah terkumpul, maka kamu bisa membakarnya di bawah timbunan daun kering dengan menggunakan sedikit bensin atau minyak tanah. Lakukan cara ini secara rutin, sampai populasi ulat benar-benar musnah.

2. Menanam Tanaman Pengusir Ulat

Selain membakar populasi ulat, kamu juga bisa menanam tanaman yang tidak disukai oleh ulat. Seperti kemangi, lavender dan mint bisa menjadi alternatif untuk mengusir ulat. Aroma dari daun tersebut diyakini tidak disukai oleh ulat. Dengan begitu, ulat perlahan akan menjauh. Selain bisa kamu jadikan tanaman hias, tanaman tersebut juga menjadi salah satu cara membasmi hama ulat yang ada pada tanaman.

3. Memelihara Unggas

Jika kamu memiliki pekarangan yang cukup luas, tak ada salahnya memelihara unggas. Unggas dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah hama ulat. Pada jam-jam tertentu, kamu bisa melepaskan unggas peliharaanmu ke pekarangan. Dengan begitu, maka unggas akan memangsa ulat-ulat yang ada di tanamanmu termasuk di tempat yang tersembunyi sekalipun.

4. Menyiram Oli

Kamu juga bisa memanfaatkan oli untuk membasmi hama ulat lho. Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu melumasi tempat-tempat yang menjadi sarang munculnya ulat di sekitar perkarangan rumah. Aroma oli serta teksturnya yang lengket diyakini tidak disukai oleh ulat, sehingga mengurangi risiko terjadinya penumpukan hama ulat.

5. Menggunakan Peptisida Organik

Kamu bisa menggunakan peptisida organik untuk membasmi hama ulat. Kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan buah maupun sayuran. Selain dari buah dan sayuran, kamu juga bisa mencampurkan peptisida organik menggunakan sabun, garam atau bahkan minyak tanah untuk menyerang hama ulat.

Itulah beberapa cara yang dinilai efektif untuk membunuh hama ulat pada tanaman hias. Tertarik untuk mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak