facebook

3 Rekomendasi Ikan Hias Kecil Memperindah Akuarium, Harganya Terjangkau!

Delia Sanjaya
3 Rekomendasi Ikan Hias Kecil Memperindah Akuarium, Harganya Terjangkau!
Ilustrasi seseorang di dekat akuarium (Pexels.com/Khoa Võ)

Apakah kamu hobi memelihara hewan yang hidup di air? Mungkin kamu mempunyai keinginan untuk mengisikan akuariummu dengan ikan-ikan kecil nan cantik? Jika kamu masih bingung ikan hias apa yang cocok untuk tinggal di akuariummu.

Nah, ini ada beberapa rekomendasi yang bisa kamu beli di tempat penjual ikan hias dan harga yang dipasarkan pun cukup terjangkau.

1. Ikan Lemon

Ilustrasi ikan Lemon (Instagram/aquazonestore)
Ilustrasi ikan Lemon (Instagram/aquazonestore)

Warna ikan Lemon sendiri itu tidak lain dan tidak bukan yaitu warna kuning yang cukup cerah, seperti namanya "Lemon". Ikan ini mempunyai bentuk agak pipih dan sedikit panjang. Ikan ini mempunyai daya tahan hidup yang cukup baik.

Sebaiknya si Lemon tidak digabungkan dengan ikan-ikan yang lain, karena ikan ini bisa tega menyerang ikan lainnya. Ikan lemon memang terkenal galak dan dia dapat memangsa sejenisnya. 

Ikan ini sudah banyak dijual di toko-toko ikan hias yang biasa kamu jumpai. Makanan yang bisa kamu berikan pada si ikan galak ini yaitu cacing sutra atau udang.

Harga pasarannya pun tidak terlalu mahal, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 1.000 sampai Rp 6.000. Bagaimana? Kamu minat mempunyai ikan Lemon yang menggemaskan dan cukup buas ini?

2. Ikan Neon Tetra

Ilustrasi ikan Neon Tetra (Instagram/gemogu_shop)
Ilustrasi ikan Neon Tetra (Instagram/gemogu_shop)

Namanya juga neon, artinya warna tubuh ikan ini sangat cantik apalagi terkena cahaya lampu. Ikan yang berukuran mungil sekitar 4-5 cm ini cocok untuk kamu yang ingin membuat akuariummu terlihat indah. Tapi sebaiknya memelihara ikan ini jangan digabungkan bersama ikan yang ukurannya lebih besar, karena takut ikan ini dimangsa oleh ikan besar. 

Makanan yang bisa kamu berikan untuk si Neon ini, seperti udang kecil, pelet ukuran kecil, cacing beku. Jika kamu pecinta aquascape, boleh banget untuk memilih ikan Neon ini. Selain ikan ini terlihat cantik, ikan ini memiliki sifat yang tenang. Mereka pun mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Ikan Manfish

Ilustrasi ikan Angelfish (Instagram/tms_aquatics)
Ilustrasi ikan Angelfish (Instagram/tms_aquatics)

Ikan Manfish atau biasa juga disebut dengan ikan Angelfish, dengan memiliki tubuh yang lebar dan pipih, ikan ini sangat menarik perhatian para pecinta ikan hias.

Ternyata ikan ini terkenal dengan kesetiaannya, mereka hanya mempunyai satu pasangan saja. Ikan Manfish pun bersikap cukup tenang dan bisa dicampurkan dengan ikan hias yang ukurannya lebih besar dari si Manfish ini. 

Ada beberapa jenis-jenis ikan Manfish, ada yang namanya Manfish Slayer, Manfish Albino yang berwarna putih polos, Half Black Angelfish, dan masih banyak jenis lainnya dari Ikan Manfish yang cantik ini. Harga kisaran mulai dari Rp 5.000 sampai ada yang paling mahal mencapai jutaan rupiah. 

Itulah beberapa pilihan ikan hias kecil yang bisa kamu jadikan sebagai peliharaanmu dalam akuarium. Jika ingin membeli dan memeliharanya, jangan lupa untuk dirawat dan diberi makan ya. Jaga kebersihan akuariummu agar ikan-ikan selalu sehat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak