facebook

5 Keuntungan Menanam dengan Metode Hidroponik, Tertarik Mencoba?

Risen Dhawuh Abdullah
5 Keuntungan Menanam dengan Metode Hidroponik, Tertarik Mencoba?
Ilustrasi menanam dengan metode hidroponik (Pixabay.com)

Kini menanam tanaman dengan metode hidroponik kian populer dan terus mengalami perkembangan yang pesat. Hidroponik sendiri merupakan metode menanam tanaman dengan menggunakan air sebagai medianya. Air juga sekaligus sebagai penyedia nutrisi untuk tanaman itu sendiri.

Masyarakat urban atau perkotaan yang biasanya menggunakan metode bercocok tanam secara hidroponik ini, sebab kurangnya lahan. Menanam tanaman dengan metode hidroponik memang bisa dilakukan di lahan yang sempit.

Nah, ternyata menanam tanaman dengan metode hidroponik mendatangkan sejumlah keuntungan. Apakah Anda sudah mengetahuinya?

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat apabila menanam tanaman dengan metode hidroponik dilansir dari buku Dasar-dasar Bertanam Secara Hidroponik karangan Dr. Susilawati, M.Si.

1. Bisa Dilakukan di Lahan Terbatas

Kelebihan yang paling menonjol dari metode menanam ini adalah soal lahan. Menanam tanaman dengan metode hidroponik bisa dilakukan di lahan yang terbatas. Misalnya di area rumah seperti balkon, halaman rumah, maupun dalam ruangan yang berdekatan dengan jendela. Simpel bukan? Tentu ini sangat menguntungkan sekali.

2. Produk Hidroponik Lebih Sehat

Produk tanaman yang ditanam dengan metode hidroponik biasanya lebih sehat. Mengapa? Produk hidroponik lebih sehat karena jarang menggunakan pestisida. Tanaman yang terkena hama dan penyakit akibat kontak langsung dengan tanah. Sementara hidroponik tidak.

3. Produk Bisa Dihasilkan Waktu yang Tepat

Selanjutnya adalah produk dapat dihasilkan pada waktu yang tepat. Artinya Anda dapat meningkatkan produksi pada saat-saat tertentu ketika kurang pasokan atau bila ada permintaan yang lebih besar dengan harga dan kualitas yang terbaik. Produk yang dihasilkan dengan tepat waktu.

4. Lebih Bersih dan Segar

Keuntungan dari menanam tanaman dengan metode hidroponik adalah produk yang dihasilkan lebih bersih dan segar daripada produk tradisional. Produk yang lebih bersih dan segar memungkinkan untuk memperoleh harga yang lebih baik.

5. Tidak Melibatkan Cangkul

Keuntungan selanjutnya menanam tanaman dengan metode hidroponik adalah tidak melibatkan cangkul sebab tidak melibatkan tanah. Hal ini tentunya berefek pada penghematan tenaga bagi yang menggunakan metode hidroponik.

Nah, itulah 5 keuntungan menanam tanaman dengan metode hidroponik. Apakah Anda tertarik untuk mencoba? Tentu metode hidroponik patut dicoba. Dan akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada orang yang ahli.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak