facebook

4 Tips Berkebun di Halaman Rumah, Harus Konsisten!

Diat Anugrah
4 Tips Berkebun di Halaman Rumah, Harus Konsisten!
Ilustrasi berkebun (pexels.com/huy-phan)

Berkebun merupakan kegiatan yang menyenangkan lagi bermanfaat. Namun masih banyak orang yang berpikiran bahwa berkebun harus di lahan tanah yang luas. Akibatnya, banyak orang yang mengurungkan niatnya karena tidak memiliki lahan yang luas. 

Padahal, berkebun tidak harus di lahan yang luas. Kita bisa berkebun di tempat seadanya. Bahkan kita bisa berkebun di halaman rumah kita. Hanya saja, kita harus menyesuaikan metode yang tepat serta jenis tanaman yang akan kita tanam di halaman rumah. Berikut ini adalah 5 tips berkebun di halaman rumah yang bisa dilakukan.

Sederet tips berkebun di halaman rumah

1. Pilih Tempat yang Tepat

Meskipun bisa berkebun di tempat yang sempit atau seadanya saja, kita harus tetap memilih tempat yang tepat. Usahakan pilih tempat yang banyak terpapar sinar matahari. Hal ini dikarenakan sebagian besar tanaman sangat bergantung pada cahaya matahari untuk pertumbuhannya. Apabila cahaya matahari kurang, pertumbuhan tanaman yang kita tanam juga akan kurang maksimal bahkan bisa gagal.

2. Siapkan Benih yang Baik

Kualitas tanaman sangat bergantung pada benih yang digunakan. Apabila benih yang dipilih memiliki kondisi yang bagus, maka tanaman bisa tumbuh dengan baik. Begitu pula sebaliknya, jika menggunkan benih yang kurang baik, maka tanaman tidak akan tumbuh maksimal, bahkan bisa gagal tumbuh.

Cara memilih benih tanaman berbeda-beda tergantung jenis tanamannya. Kita bisa membaca di internet, buku, maupun bertanya pada ahlinya mengenai benih yang berkualitas.

3. Siapkan Media Tanam yang Subur

Selain benih, media tanam juga sangat berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman di kebun halaman rumah kita. Apalagi biasanya kita akan menanam di pot atau polybag dimana media tanamnya terbatas. Oleh karena itu, harus kita pilih media tanam yang subur dan sesuai.

Sesuaikan media tanam dengan tanaman yang kita tanam. Misalnya tanah gambut, tanah berpasir, dan lain sebagainya. Media tanam yang sesuai dengan nutrisi yang cukup akan membuat tanaman tumbuh dengan baik.

4. Rawat dengan Konsisten

Berkebun tidak boleh berhenti pada proses menanam saja. Namun harus konsisten dalam merawat tanaman yang sudah ditanam. Mulai dari menyiram secara rutin, memberi pupuk, membersihkan pot, memanen, dan lain sebagainya. Hal tersebut untuk menjaga agar tanaman tumbuh dengan baik.

Demikian 4 tips berkebun di halaman rumah. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak