facebook

4 Tips Memulai Kebiasaan Membaca Sejak Dini!

Oktavia Ningrum
4 Tips Memulai Kebiasaan Membaca Sejak Dini!
ilustrasi membaca (pexels)

Menurut data UNESCO pada tahun 2017, minat baca Indonesia masih rendah. Yakni menempati urutan ke-61 dari total negara 63 yang mengikuti survei minat baca tersebut. Di sekitar pun tentu kita akan lebih banyak menemui orang yang disibukkan oleh sosial media daripada bacaan. Padahal, di era digital ini akses bacaan juga semakin mudah dan berlimpah ruah. Namun, sepertinya gerakan berliterasi harus lebih ditekankan. Utamanya pada generasi mendatang.

Berikut 4 tips memulai kebiasaan membaca sejak dini!

1. Mulailah dari buku dengan halaman yang sedikit

Untuk memulai sesuatu, tentunya cara yang efektif adalah memulainya secara perlahan. Sedikit demi sedikit, lalu meningkat ke halaman yang lebih banyak dari sebelumnya, dan seterusnya. Jangan memulai dari buku dengan ketebalan yang akan membuatmu terbebani bahkan saat belum memulainya. Memulai bacaan dengan halaman yang sedikit juga merupakan langkah dini untuk membiasakan diri dengan literasi. Jadi jangan terburu-buru!

2. Cari buku yang memiliki ilustrasi visual

Mayoritas orang yang enggan atau bahkan tak memiliki ketertarikan pada buku maupun literasi, rata-rata akan berkata jika membaca itu membosankan. Buku hanya berisi tulisan yang akan membuatmu menguap di menit pertama. Nah, sebelum memulai membaca dengan buku yang hanya berisi tulisan, kamu bisa memulai membaca buku yang banyak menghadirkan ilustrasi visual (gambar), seperti komik, ensiklopedia, atau buku cerita dan dongeng.

3. Pilih bacaan yang ringan tapi berkesan

Langkah awal dari membiasakan kebiasaan membaca salah satunya adalah memilih bacaan yang ringan. Jangan memulai membaca bacaan yang berat yang membuat otakmu kesulitan memahami isinya. Jika salah langkah, membaca justru akan terasa berat dan memberikan tekanan tersendiri. Jadi,  mulailah dari bacaan yang ringan tapi tetap memiliki pesan moral atau wawasan yang berkesan untukmu.

4. Sebaiknya punya tema yang sesuai dengan minat

Ada seseorang yang tertarik dengan astronomi, ada juga yang tertarik dengan kuliner, ada juga yang suka dengan make up dan juga fashion. Nyatanya, semua hal yang kita minati bisa kita dapati pula pada sebuah bacaan. Ada banyak artikel yang membahas terkait tema tersebut, selain itu banyak juga novel yang menghadirkan tokoh-tokoh dengan profesi yang beraneka ragam. Kita hanya perlu menemukan dimana minat kita, dan buku apa yang sesuai. Seperti kata Najwa Shihab, "Seseorang hanya butuh 1 buku untuk mencintai membaca." Jadi mari kita temukan buku tersebut!

Sekian lima tips untuk membiasakan membaca sejak dini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Salam literasi!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak