5 Cara Mengatasi Mudah Reading Slump, Sempat Mengalaminya?

Najmi Fathia
5 Cara Mengatasi Mudah Reading Slump, Sempat Mengalaminya?
Ilustrasi membaca (Pexels/MinAn)

Pernah dengar istilah reading slump? Akhir-akhir ini, tampaknya semakin banyak orang yang kerap menggunakan istilah ini ketika tengah mengalami kehilangan semangat atau minat untuk membaca. Nah, kira-kira, gimana ya cara mengatasi reading slump ini? Yuk, kita lihat sama-sama.

1. Berhenti membaca sejenak

Ketika kamu sedang merasa jenuh dan kehilangan minat untuk membaca, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah beristirahat sejenak dari membaca. Bisa jadi, kamu mengalami reading slump karena telah terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membaca sehingga kurang mendapatkan hiburan dari hal-hal lain. Karena itu, beberapa orang biasanya memilih untuk beristirahat sejenak. Durasinya pun berbeda-beda, tergantung keinginan dan kebutuhan dari orang itu sendiri.

2. Baca buku yang membuatmu nyaman

Biasanya, seseorang memiliki satu atau beberapa buku yang sangat disukainya. Entah karena ceritanya yang menyenangkan, karakternya yang lucu, atau karena alasan-alasan lainnya. Ketika kamu mengalami reading slump, kamu bisa kembali membaca buku yang kamu sukai ini.

Karena salah satu alasan dari terjadinya reading slump adalah ketika kamu menemukan buku yang tidak sesuai dengan minatmu, sehingga kamu merasa tidak tertarik untuk melanjutkannya dan jadi merasa jenuh membaca. Itu pula mengapa memiliki buku yang membuat kita nyaman cukup penting.

3. Pilih genre buku yang kamu suka

Ada begitu banyak genre dalam dunia ini. Temukan genre kesukaanmu, dan cari buku yang sesuai dengan genre yang kamu suka. Dalam proses membaca, tentu akan jauh lebih menyenangkan ketika kita membaca buku yang sesuai dengan minat kita. Sehingga dalam prosesnya kita tidak merasa terpaksa dan mudah jenuh, serta bisa lebih mudah memahami isi bukunya. Lagi-lagi, bisa jadi kamu mengalami reading slump karena belum menemukan buku yang sesuai dengan minatmu.

4. Temui orang yang senang membaca

Biasanya, kita akan merasa lebih senang melakukan sesuatu bersama orang-orang yang juga memiliki minat yang sama dengan kita. Dalam hal ini, ketika kamu menemukan orang-orang yang juga senang membaca, minat bacamu pun bisa jadi meningkat. Sekarang ini sudah ada banyak sekali komunitas-komunitas membaca yang bisa kamu ikuti. Di sana kamu bisa saling bertukar rekomendasi buku, juga membicarakan buku-buku yang dirasa menyenangkan untuk didiskusikan. Dengan demikian, semangat untuk membacamu bisa datang kembali.

5. Baca buku dengan jumlah halaman yang sedikit

Buku dengan jumlah halaman yang lebih banyak tentu membutuhkan waktu lebih banyak untuk menyelesaikannya. Karena itu, setelah selesai membaca buku dengan jumlah halaman yang lebih tebal dibandingkan jumlah halaman buku yang biasa kamu baca, kamu akan merasa jenuh karena telah meluangkan lebih banyak waktu untuk membacanya.

Jika kamu merasa setelah membaca buku tersebut kamu menjadi jenuh dan tidak semangat untuk membaca, kamu bisa memilih buku dengan jumlah halaman yang jauh lebih sedikit sehingga waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya pun lebih singkat. Dengan cara ini, perlahan-lahan minat membacamu akan kembali.

Jadi, cara mana yang sesuai untukmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak