Hobi Travelling? Berikut 7 Tips Ampuh Menabung untuk Liburan!

Tania Aqilla Adriana
Hobi Travelling? Berikut 7 Tips Ampuh Menabung untuk Liburan!
Ilustrasi destinasi wisata (Dok.Pribadi/Tania Aqilla Adriana)

Travelling atau bepergian merupakan kegiatan mengunjungi sebuah tempat tujuan atau lokasi wisata yang bukan hanya akan menyenangkan diri saja, namun juga memiliki sejumlah manfaat, seperti mendapatkan pengalaman baru, menyegarkan tubuh dan pikiran, serta menghilangkan stres.

Bagi kamu yang memiliki hobi travelling, tentu perlu mengetahui cara mengoptimalkan uang tabungan dengan baik. Hal ini disebabkan karena semakin jauh lokasi wisata yang ingin dikunjungi, maka akan semakin banyak biaya atau budget yang diperlukan.

Berikut 7 tips ampuh menabung yang dapat kamu terapkan guna travelling terwujud, yaitu:

1. Menentukan Destinasi Wisata

Ilustrasi sedang menentukan destinasi wisata (Pexels/Element Digital)
Ilustrasi sedang menentukan destinasi wisata (Pexels/Element Digital)

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menentukan destinasi wisata utama yang ingin dikunjungi. Dengan begitu kamu dapat mengetahui seberapa jauh lokasi yang akan dikunjungi, bagaimana akses perjalanannya, kondisi dan pertimbangan-pertimbangan lainnya.

Kamu dapat mulai merencanakan tanggal keberangkatan, tempat-tempat wisata yang akan dikunjungi, rincian anggaran yang perlu ditabung serta menyiapkan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

BACA JUGA: 10 Tips Hemat dan Sukses Menabung Ala Mahasiswa, Yuk Dicoba

2. Menghitung Perkiraan Pengeluaran untuk Berlibur

Ilustrasi list pengeluaran (Unsplash/Marissa Grootes)
Ilustrasi list pengeluaran (Unsplash/Marissa Grootes)

Setelah menentukan tempat liburan yang ingin dikunjungi, kamu dapat mulai riset budget yang akan dikeluarkan nantinya, seperti biaya tiket transportasi pulang-pergi, biaya penginapan, biaya konsumsi dan oleh-oleh, dan lainnya. Dengan begitu, kamu akan mengetahui jumlah pastinya dan mulai menyiapkan budget dari sekarang

3. Menyisihkan Uang dari Penghasilan/Gaji

Ilustrasi menyisihkan gaji (Unsplash/Alexander Mils)
Ilustrasi menyisihkan gaji (Unsplash/Alexander Mils)

Selain kamu dapat menabung sesukamu, kamu juga dapat melakukan penyisihan 10% dari penghasilan utamamu. Hal ini dilakukan agar  tidak perlu bingung lagi setiap bulannya dengan nominal yang akan ditabung, serta tabungan akan lebih jelas jumlahnya.

4. Rutin Menabung Bulanan

Menabung (Freepik/Jcomp)
Menabung (Freepik/Jcomp)

Jika halnya kamu ingin pergi berlibur di tahun depan, maka kamu dapat mulai menabung secara bulanan. Dengan menabung selama 12 kali/bulan, diketahui akan jauh lebih ringan ketika waktunya libur tiba dibandingkan dengan liburan tanpa persiapan yang matang.

BACA JUGA: 3 Alasan Pentingnya Mahasiswa untuk Mulai Menabung dari Sekarang

5. Berkomitmen

Ilustrasi menghitung pemasukan dan pengeluaran (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi menghitung pemasukan dan pengeluaran (Pexels/Karolina Grabowska)

Berkomitmen menabung untuk berlibur merupakan salah satu aspek yang sangat penting. Dengan memiliki keinginan yang kuat untuk travelling, maka kamu dapat dengan mudah menyisihkan uang untuk ditabung. Jadi, jangan sampai semangat menabung di awal saja, ya!

6. Jadikan Hobi Sebagai Sumber Penghasilan Tambahan

Ilustrasi kerja part time (Freepik/Cookie_studio)
Ilustrasi kerja part time (Freepik/Cookie_studio)

Jika menabung hanya dari sisihan gaji pekerjaan utama dirasa tidak cukup, maka kamu dapat mulai mengikuti hobi lain sebagai usaha sampingan, seperti bisnis kecil-kecilan maupun kerja paruh waktu (part-time), seperti menjadi fotografer, penulis, desain, dan lain-lain.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan untuk ditabung.

7. Hindari Pengeluaran Tidak Penting

Ilustrasi Gemar Berbelanja (Freepik/Atstockproductions)
Ilustrasi Gemar Berbelanja (Freepik/Atstockproductions)

Fokus mengumpulkan budget dengan mengurangi gaya hidup konsumtif akan sangat membantu dalam mengunjungi tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Cobalah mulai untuk hidup hemat dengan menghindari shopping dan hangout terlalu sering, seperti jajan kopi, konsumsi makanan enak setiap saat dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips menabung untuk liburan yang dapat kamu lakukan. Dengan memiliki komitmen yang kuat dan mengatur keuangan dengan baik, maka destinasi wisata yang ingin kamu kunjungi tentu dapat segera terwujud.

Cek berita dan artikel lainnya di GOOGLE NEWS

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak