facebook

Profil Indra Sugiarto: Teman Berjuang bagi Kaum Milenial

Habil Samsuri
Profil Indra Sugiarto: Teman Berjuang bagi Kaum Milenial
Indra Sugiarto (Instagram/indra.sugiarto)

Indra Sugiarto dikenal sebagai motivator, penulis, sekaligus Founder dan CEO Masuk Kampus. Pria kelahiran Banyumas ini banyak digemari kaum milenial, bahkan tak jarang dari mereka dibuat kagum dengan tulisannya yang dianggap relate dengan permasalahan yang saat ini mereka hadapi

Kehidupan Indra Sugiarto

Indra Sugiarto (Instagram/indra.sugiarto)
Indra Sugiarto (Instagram/indra.sugiarto)

Indra Sugiarto, anak desa dari keluarga sederhana yang merantau untuk melanjutkan studinya di IPB jurusan Kimia. Meskipun dengan keterbatasan ekonomi yang dialaminya, Indra Sugiarto berjuang dengan berhasil lulus pada tahun 2006. Baginya lulus dari IPB sangatlah berpengaruh dalam membentuk kepribadiannya. Dengan niat dan giat, Indra pun melanjutkan pendidikan pascasarjana di kampus yang sama, yaitu IPB University dengan program studi Manajemen Bisnis. Selain itu, anak ketiga dari enam bersaudara ini berharap adik-adiknya seperti dirinya, yaitu dapat berkuliah dan sukses nantinya.

Setelah lulus, Indra Sugiarto membuka bimbingan belajar Katalis Education dengan modal awal yang ia dapatkan dari memenangkan lomba business plan di kampusnya. Indra sering bertemu mendengarkan cerita dan keluh kesah dari banyak pelajar SMA yang akan berkuliah. Selama bertahun-tahun mengajar, Indra sadar bahwa ada yang anak SMA butuhkan selain akademik, tapi juga teman berjuang yang mengerti apa yang mereka rasakan. Dari situlah terbentuk PT Inspirasi Masuk Kampus atau @masukkampus yang ia dirikan pada tahun 2016. Masuk Kampus telah berkembang menghadirkan informasi dan realitas perjuangan masuk perguruan tinggi di Indonesia.

Kariernya semakin bersinar, Indra juga sering mengisi seminar di beberapa sekolah dan kampus untuk menyampaikan motivasi kepada calon mahasiswa maupun mahasiswa di sana. Selain itu, ia juga sering memposting kata-kata motivasi yang banyak disukai anak muda di akun Instagram dan Twitter miliknya. Hingga saat ini, Indra telah memiliki lebih dari 637 ribu pengikut di Instagram dan 24 ribu lebih pengikut di Twitter. 

“Masa depan memang membingungkan. Masa depan memang penuh dengan ketidakpastian. Tapi selama kamu percaya dengan dirimu sendiri, maka kamu akan mampu menempuh perjalanan itu. Kamu adalah pelaut handal di tengah samudra mimpimu.”

Karya Indra Sugiarto

Indra Sugiarto (Instagram/indra.sugiarto)
Indra Sugiarto (Instagram/indra.sugiarto)

Dengan background pendidikan yang berbeda dengan karierya sebagai penulis, Indra Sugiarto telah menulis tiga buku dan berhasil menjadikan buku-buku tersebut best seller. Berikut beberapa buku karya tulis dari Indra Sugiarto.

1. Teman Berjuang – 2019

“Untuk yang tidak merayakan kemenangan. Tidak perlu malu dan menghilang. Tidak semua pertarungan harus kamu menangkan.” (Halaman 9).

2. Tumbuh Dari Luka - 2019

“Apapun itu, aku tidak akan menyerah. Beberapa kali mungkin aku akan kehilangan arah, tapi aku akan kembali berjuang tanpa lelah.” (Halaman 154).

3. Berlari Di Tengah Hujan – 2020

"Saat berjuangan. Kamu akan terjebak dalam situasi rumit yang akan menguji hati dan pikiramu. Maka carilah inspirasi, sejukan hatimu sejenak dan kosongkan pikiranmu dari hal-hal negatif. Bersujudlah kepada-Nya. Kamu akan menemukan jawaban yang kamu cari. (Halaman 65).

Itulah sekilas kisah hidup seorang Indra Sugiarto yang bisa dijadikan motivasi untuk kalian semua. Semoga bermanfaat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak