alexametrics

Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 5 Tips Menghemat Uang

Rado
Mahasiswa Wajib Tahu, Ini 5 Tips Menghemat Uang
Ilustrasi Mahasiswa (pexels)

Saat zaman mahasiswa dan masih kuliah, ada beberapa biaya yang harus Anda penuhi. Dari biaya kuliah hingga makanan dan biaya hidup, terus meningkat. Tapi itu tidak berarti Anda harus kelaparan. Anda dapat menghemat uang dengan berbagai cara sebagai mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Jangan beli buku teks baru

Seringkali, buku teks bisa sangat mahal. Jadi ketika akan memulai semester baru, Anda bisa menghubungi senior Anda yang telah mengambil kursus serupa dan meminjam buku teks mereka sebagai gantinya. Banyak senior tidak menggunakan buku mereka dan dengan senang hati akan memberikannya. Alternatifnya bisa mengunduh e-book secara online. Selain itu, Anda juga dapat menjual buku teks Anda kepada orang lain atau ke toko yang akan menerimanya dengan harga lebih rendah dan mendapatkan uang.

2. Gunakan kartu pelajar Anda di manapun berada

Saat ini, diskon pelajar tersedia di hampir semua hal. Dari elektronik hingga teknologi dan perangkat lunak, pakaian maupun sepatu, kartu pelajar dapat membantu Anda berhemat besar. Jadi selalu bawa kartu pelajar kemanapun Anda pergi dan tanyakan di kasir jika mereka menawarkan jenis diskon pelajar.

3. Memasak makanan sendiri 

Makan di luar mahal, jadi cobalah memasak makanan di rumah sesering mungkin. Latihan ini tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tetapi juga untuk keuangan Anda. Membeli bahan makanan dalam jumlah besar juga membantu Anda mendapatkan diskon yang lebih besar. Anda dapat bekerja sama dengan teman untuk berbelanja, membeli paket keluarga besar, memisahkan barang, dan membagi biaya. Ini memberi semua orang banyak penghematan.

4. Gadget elektronik

Gadget dan teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, khususnya sebagai mahasiswa. Anda dapat memilih untuk meminjam uang secara online saat melakukan investasi besar seperti smartphone atau laptop. Aplikasi pinjaman pribadi dapat membantu Anda meminjam pinjaman online dengan mudah dengan opsi pembayaran yang fleksibel. Untuk aksesori umum, Anda dapat memilih merek yang lebih murah daripada memilih yang terbaik untuk membantu Anda menghemat uang.

5. Pilih tempat tinggal Anda dengan bijak

Bagi mahasiswa yang merantau, kos-kosan adalah pilihan tempat tinggal yang lebih murah dibandingkan dengan tempat tinggal di luar kampus. Anda bahkan dapat memilih untuk berbagi akomodasi dan memiliki teman sekamar untuk membantu Anda membagi uang sewa maupun pengeluaran lainnya. Selain itu, pertimbangkan opsi yang Anda miliki sebelum membuat keputusan.

Mengelola pengeluaran bisa menjadi sedikit menantang. Namun penghematan, mengurangi biaya yang tidak perlu, dan merencanakan anggaran dengan baik dapat membantu Anda mengelola keuangan secara efisien.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak