alexametrics

Hindari 4 Hal Ini Jika Ingin Bangun Tidur Lebih Segar

Hayuning Ratri
Hindari 4 Hal Ini Jika Ingin Bangun Tidur Lebih Segar
Ilustrasi bangun tidur (Unsplash/bruce mars)

Pernahkah kalian bangun tidur namun justru merasa lemas dan tidak segar? Padahal seharusnya bangun tidur akan membuat badan menjadi segar setelah kamu mengistirahatkan tubuh.

Suara.com - Pernahkah kalian bangun tidur namun justru merasa lemas dan tidak segar? Padahal seharusnya bangun tidur akan membuat badan menjadi segar setelah kamu mengistirahatkan tubuh. Sebenarnya apa yang menyebabkan bangun tidur menjadi kurang segar?

Berikut ini beberapa hal yang dapat menjadi penyebab kamu bangun tidur tetapi merasa lemas, mengutip dari Bobo.

1. Mematikan alarm lalu tidur lagi

Beberapa orang memasang alarm agar dapat bangun tepat waktu. Akan tetapi, saat alarm telah berbunyi, tak jarang justru dimatikan dan kembali tidur. Kebiasaan ini akhirnya dapat membuat siklus tidur menjadi terganggu yang berdampak pada tubuh, seperti sakit kepala, lemas, dan perasaan yang tidak nyaman.

2. Membereskan tempat tidur sesaat setelah bangun tidur

Membereskan tempat tidur tepat setelah kamu bangun tidur dapat menyebabkan tungau debu dapat bertahan lebih lama di kasur. Kondisi ini dapat mengakibatkan kamu bersin, batuk, dan gagal. Sebaiknya bereskan tempat tidur setelah suhu kasur mulai dingin. Ketika suhu kasur dingin, maka tungau debu akan mati.

3. Sering mengecek ponsel

Mengecek ponsel kerap menjadi hal pertama yang dilakukan setelah membuka mata. Padahal, mengecek ponsel sesaat setelah bangun tidur berpotensi membuat kamu menjadi gelisah. Selain itu, kamu dapat kehilangan lebih banyak waktu karena terlalu asik bermain ponsel.

4. Membiarkan gorden tertutup

Setelah bangun tidur, cobalah untuk segera membuka gorden. Izinkan sinar matahari masuk dan mengenai tubuh kamu. Berdasarkan penelitian, sinar matahari dapat meningkatkan semangat. Sebaliknya, tidak segera membuka gorden kamar akan membuat kamu mudah merasa cemas dan kurang bersemangat.

Nah, itulah keempat hal yang perlu kamu hindari setelah bangun tidur. Usahakan untuk segera bangkit setelah alarm berbunyi, cobalah untuk membasuh wajah agar terasa segar dan semangat bersiap memulai hari.