facebook

Orang Tua Wajib Tahu! Ini Batasan Screen Time pada Anak Sesuai Usia

Made Dinda Y S
Orang Tua Wajib Tahu! Ini Batasan Screen Time pada Anak Sesuai Usia
Ilustrasi anak bermain gadget. (Unsplash.com)

Teknologi membawa perubahan yang sangat besar pada kehidupan manusia, terutama dengan adanya gadget. Bukan hanya orang dewasa saja yang terpengaruh, keberadaan gadget juga membawa dampak pada perkembangan anak-anak.

Ada beberapa orang tua yang memberikan anak mereka gadget dengan alasan agar anak tidak ketinggalan zaman. Namun, hal tersebut justru membuat anak kecanduan gadget hingga mengganggu tumbuh kembang anak tersebut. Menyikapi fenomena ini, WHO melansir anjuran terkait batasan screen time untuk anak-anak sesuai dengan usia mereka masing-masing.

Berikut batasan screen time pada anak yang dikeluarkan oleh WHO (World Health Organization):

1. Usia kurang dari 1 tahun

Pada usia ini, jangan memberikan anak gadget ataupun teknologi lainnya. Sebaiknya, orang tua membacakan buku atau mendongeng pada anak yang berusia kurang dari 1 tahun. Mengajaknya berinterkasi secara langsung juga sangat direkomendasikan pada rentang usia ini.

Selain itu, WHO juga merekomendasikan waktu tidur yang baik untuk anak. Pada usia 0 sampai 3 bulan, waktu tidur yang dianjurkan adalah 14-17 jam. Sementara untuk usia 4 sampai 11 bulan adalah 12 sampai 16 jam. Waktu tidur tersebut sudah termasuk tidur siang, ya!

2. Usia 1 hingga 2 tahun

Untuk anak yang masih berusia 1 tahun, tidak disarakan menggunakan teknologi apapun, seperti bermain komputer, menonton TV, dan juga video pada gadget. Sedangkan, pada anak yang berusia 2 tahun, orang tua mulai bisa mengenalkan teknologi pada anak dengan maksimal waktu selama 1 jam per hari. Pada usia ini, hendaknya anak melakukan aktivitas fisik selama 180 menit per harinya.

Waktu tidur yang disarankan pada rentang usia ini untuk mendapat kualitas tidur yang baik adalah 11 sampai 14 jam per hari, termasuk tidur siang.

3. Usia 3 hingga 4 tahun

Pada rentang usia ini, pedoman screen time yang direkomendasikan WHO sama dengan rentang usia 1 hingga 2 tahun. Maksimal screen time yang diberikan pada anak tidak lebih dari 1 jam, semakin sedikit semakin baik. Jam tidur yang disarankan pada rentang usia ini adalah 10 hingga 13 jam termasuk dengan tidur siang.

Nah, itu dia batasan screen time yang wajib orang tua ketahui. Perlu diingat bahwa orang tua harus menemani anak dan tetap mengajaknya berinteraksi saat melakukan screen time. Misalnya saat menonton TV atau video di Youtube, orang tua disarankan untuk menanyakan anak jalan cerita, tokoh mana yang anak sukai, atau apa pesan yang anak dapatkan dari tontonan tersebut. Jangan sampai gadget menganggu tumbuh kembang anak ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak