alexametrics

4 Kiat Memupuk Kesetiaan Pasangan Suami Istri, Jadilah Pemaaf!

Hayuning Ratri
4 Kiat Memupuk Kesetiaan Pasangan Suami Istri, Jadilah Pemaaf!
Ilustrasi pasangan (Unsplash/Toa Heftiba)

Kesetiaan dapat ditunjukkan mulai dari hal-hal sederhana seperti memberikan perhatian sehari-hari untuk membangun kesetiaan dan kepercayaan.

Suara.com - Kesetiaan adalah pondasi yang penting dalam suatu hubungan yang langgeng. Kesetiaan dibutuhkan oleh kedua belah pihak pasangan. Sepasang suami istri yang telah memutuskan untuk hidup bersama harus berkomitmen terhadap pasangannya mendampingi dalam suka dan duka.

Untuk menyatakan kesetiaan dengan pasangan, tak harus selalu diungkapkan dalam hal-hal yang besar. Kesetiaan dapat ditunjukkan mulai dari hal-hal sederhana seperti memberikan perhatian sehari-hari untuk membangun kesetiaan dan kepercayaan.

Berikut ini terdapat empat kiat memupuk kesetiaan yang dapat ditunjukkan kepada pasangan, mengutip dari Popmama.

1. Bersikap terbuka dengan pasangan

Setiap orang tentu memiliki sebuah rahasia, akan tetapi di sisi lain mereka pasti mempunyai seseorang yang dapat menyimpan rahasia tersebut, misalnya pasangan Anda. Bersikap terbuka terhadap pasangan dapat membangun rasa setia dan percaya di antara kalian.

2. Menyimpan rahasia pasangan dari semua orang

Ketika pasangan telah percaya kepada Anda, maka sudah sepatutnya Anda tak mengkhianati kepercayaan tersebut. Usahakan untuk tidak pernah membeberkan rahasia sekecil apapun dari pasangan, bahkan kepada orang terdekat misalnya keluarga besar. Akan lebih baik untuk memberi dukungan kepada pasangan sebagai bentuk kesetiaan.

3. Menghargai adanya perbedaan

Kedua orang yang memilih untuk hidup bersama mengarungi bahtera rumah tangga pasti akan menemukan adanya perbedaan. Entah itu perbedaan budaya, prinsip, ataau lainnya. Oleh karena itu, diperlukan adanya sikap saling menghargai dan menghormati perbedaan satu sama lain. Cobalah untuk belajar saling memahami dan bukan menghakimi.

4. Menjadi seorang pemaaf

Memupuk kesetiaan memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Menjadi pendamping hidup seseorang membutuhkan hati yang besar untuk mempertahankan kepercayaan dan kesetiaan. Ketika pasangan berbuat salah, jangan menyimpan dendam dan berusaha mengungkitnya di kemudian hari saat masalah tersebut sudah selesai.

Nah, itulah beberapa kiat yang dapat dilakukan bersama pasangan untuk memupuk kesetiaan agar hubungan menjadi langgeng. Semoga bermanfaat ya.