facebook

Jarang Disadari, Ini 4 Tanda Terjebak dalam Toxic Productivity

Hayuning Ratri
Jarang Disadari, Ini 4 Tanda Terjebak dalam Toxic Productivity
Ilustrasi pekerja (Unsplash/LinkedIn Sales Solutions)

Apa yang terlintas dalam benak kalian saat pertama kali mendengar kata toxic productivity? Istilah tersebut merujuk pada keinginan yang tidak sehat untuk terus bisa selalu produktif setiap waktu dengan cara apa saja. Seseorang yang terjebak dalam toxic productivity memiliki keinginan untuk terus bekerja ekstra baik di kantor maupun di rumah. Bahkan, saat kondisi tersebut sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini terdapat empat tanda seseorang yang telah terjebak dalam toxic productivity, melansir dari Klikdokter.

1. Terobsesi untuk selalu produktif

Menjadi orang yang produktif bukanlah sesuatu hal yang salah. Akan tetapi, ketika produktivitas telah terlampau batas dan berlebihan, hal ini tentu dapat menjadi masalah. Seseorang dengan toxic productivity bisa bekerja hingga mengorbankan kesehatan fisik dan mental. Jagalah diri Anda, percuma memiliki uang yang banyak, namun mesti digunakan untuk membayar pengobatan penyakit akibat Anda yang terobsesi untuk selalu produktif.

2. Merasa bersalah ketika berdiam diri

Seseorang yang terjebak dalam kondisi toxic productivity dapat merasa bersalah saat berdiam diri meski hanya sebentar. Padahal meluangkan waktu untuk istirahat adalah hal yang penting agar tubuh tetap prima.

3. Memiliki ekspektasi yang tidak realistis

Harapan dan target yang terlalu tinggi dan tidak realistis juga termasuk dalam tanda orang yang mengalami toxic productivity. Dengan alasan inilah, mereka akhirnya berusaha untuk bekerja dan melakukan banyak hal tanpa jeda.

4. Tak pernah merasa puas

Tanda lain yang dapat terjadi pada orang yang terjebak di produktivitas beracun adalah dirinya yang tak pernah merasa puas. Padahal, secara objektif apa yang telah dikerjakan sudah lebih dari cukup. Lebih lanjut, terkadang mereka tetap melakukan beberapa hal, meski sebenarnya hal itu tidak perlu untuk dilakukan.

Nah, itulah beberapa tanda yang dapat terjadi pada seseorang yang sudah terjebak dalam produktivitas beracun. Jadilah orang yang produktif sewajarnya. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak