alexametrics

Jaga Berat Badan, Batasi Konsumsi 4 Kudapan Ini Saat Lebaran

Hayuning Ratri
Jaga Berat Badan, Batasi Konsumsi 4 Kudapan Ini Saat Lebaran
Ilustrasi kudapan lebaran. (Freepik.com)

Lebaran tinggal menghitung hari. Berbagai jenis makanan disediakan untuk merayakan kemenangan. Tak jarang, hal ini membuat banyak orang menjadi kalap mata.

Mengonsumsi jajanan kudapan tanpa kontrol dapat menaikkan berat badan secara signifikan.

Berikut ini sejumlah camilan lebaran yang sebaiknya kamu perhitungkan sebelum mengonsumsinya, mengutip dari Beautynesia.

1. Jajanan bertepung

Mengonsumsi jajanan bertepung yang berlebihan dapat mempercepat naiknya berat badan. Beberapa jenis jajanan bertepung yang ditemukan saat lebaran diantaranya usus krispi, sumpia udang, dan lain-lain.

2. Kue-kue kering

Kue kering sudah seperti jajanan yang wajib saat lebaran tiba. Tahukah kamu? Kue-kue kering seperti nastar dapat memicu kenaikan berat badan.

Pasalnya, kue kering mengandung gula dan sejumlah unsur lainnya yang mendukung untuk membuat berat badan naik.

3. Kerupuk

Walaupun kerupuk berukuran kecil, namun kalori pada kerupuk tergolong tinggi. Lebih lanjut, kerupuk mengandung minyak yang cukup banyak.

Kerupuk juga tidak mengandung nutrisi lainnya yang baik bagi tubuh. Jadi, usahakan untuk membatasi makan kerupuk atau gorengan ketika lebaran.

4. Pisang

Selain olahan makanan, biasanya saat lebaran juga disajikan buah-buahan untuk dinikmati. Salah satu buah yang biasa ditemukan adalah pisang.

Asupan nutrisi pada pisang sebenarnya bagus bagi yang sedang menjalankan program diet jika dikonsumsi dalam porsi yang sedikit.

Akan tetapi, makan pisang yang berlebihan justru berdampak sebaliknya. Berat badan dapat naik karena mengonsumsi banyak pisang saat lebaran.

Nah, itulah beberapa jajanan yang biasa ditemukan saat lebaran dan dapat memicu kenaikan berat badan. Tak masalah untuk mengonsumsi secukupnya saja. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak