alexametrics

5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget

Dzul Fiqram Nur
5 Tips Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget
Anak bermain gadget (Pixabay/Gemma Moll)

Di era teknologi saat ini, gadget memang sudah menjadi kebutuhan primer yang perlu untuk dilengkapi. Banyak hal yang dapat kita ambil manfaatnya dari gadget, mulai dari memperoleh informasi yang akurat, membantu pekerjaan, serta untuk hiburan. Namun, yang perlu diwaspadai jangan sampai menjadi kecanduan gadget

Tak banyak orang tua yang sudah memperkenalkan gadget pada anaknya yang masih anak-anak. Sebenarnya hal ini sah-sah saja. Karena begitu banyak manfaat yang anak bisa ambil. Namun, ketika sudah menjadi kecanduan, ada banyak dampak yang akan ditanggung, diantaranya lupa makan, bermalas-malasan, hingga gangguan emosional.

Mengutip dari Alodokter, berikut adalah tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak-anak.

1. Membatasi Penggunaan Gadget

Agar anak terhindar dari penyakt kecanduan gadget, maka Anda harus memberikan batas-batas waktu penggunaan gadget untuk Anak. Normalnya, pemakaian gadget pada anak diberikan waktu 1-2 jam dalam sehari. Selain itu, Anda juga harus mengawasi penggunaannya agar tidak terjebak dalam konten pornografi hingga kekerasan. 

2. Edukasi tentang Bahaya Penggunaan Gadget

Masa kanak-kanak itu masa yang paling labil. Apa yang diberitahukan pada anak itulah yang akan mereka yakini. Sebelum terlambat, alangkah baiknya untuk memberikan edukasi penting pada anak tentang bahaya menggunakan gadget terlalu lama. Ulangi terus edukasinya agar tertanam dalam pikiran bawah sadar anak.

3. Buat Aktivitas yang Menyenangkan

Sebenarnya, anak akan mudah terdistraksi oleh hal-hal yang membuat dirinya menyenangkan. Anda harus membuat anak lebih tertarik pada aktivitas-aktivitas dunia nyata daripada aktivitas di dunia maya. Ini memang membutuhkan kreativitas, akan tetapi apa yang tidak buat menyelamatkan sang anak, bukan?

4. Memberikan Aturan Wilayah Bebas Gadget di Rumah

Anda bisa menetapkan batasan-batasan wilayah yang bebas gadget. Hal ini melatih kedisiplinan anak juga. Tetapkan wilayah-wilayah yang biasa ditempati untuk bercengkrama dengan keluarga. Misalnya, ruang keluarga dan kamar tidur.

5. Berikan Contoh yang Baik pada Anak

Masa kanak-kanak adalah masa pengamatan. Anak akan mudah meniru kebiasaan orang-orang disekelilingnya. Nah, peran keluarga sangat penting untuk memberikan contoh yang baik. Usahakan Anda juga disiplin dalam penggunaan gadget agar anak percaya bahwa selalu bermain gadget memang bahaya untuk diri.

Nah, Itulah 5 tips mengatasi anak yang kecanduan gadget. Sayangi anak Anda dengan memberikan edukasi dan didikan yang terbaik, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak