alexametrics

Ketahui, 4 Rekomendasi Jenis Susu Pengganti Santan

Hayuning Ratri
Ketahui, 4 Rekomendasi Jenis Susu Pengganti Santan
Ilustrasi susu (Pexels/cottonbro)

Pada hari raya Idulfitri, makanan bersantan seperti opor ayam dan rendang seperti menjadi hidangan yang wajib. Bagi beberapa orang, mengonsumsi makanan yang bersantan dapat memicu persoalan. Pasalnya, kadar kolesterol dalam santan tergolong tinggi.

Untuk mengatasi hal di atas, santan dapat diganti dengan beberapa rekomendasi bahan pangan lainnya berupa susu seperti sebagai berikut, melansir dari Klikdokter.

1. Susu kacang mete

Mengutip dari Healthline, susu kacang mete bertekstur lebih halus dan lebih lambut dibandingkan susu kacang-kacangan lainnya. Kalori dan protein dalam susu kacang mete tergolong rendah. Namun demikian, susu kacang ini mengandung lemak yang cukup banyak. Konsistensi susu kacang mete sendiri sebenarnya mirip dengan susu sapi. Selain itu, kamu dapat mencoba krim kacang mete yang mempunyai kandungan lemak lebih tinggi dan halus seperti santan.

2. Susu gandum

Susu gandum direkomendasikan sebagai bahan pangan pengganti santan yang menyehatkan. Kandungan lemak dalam susu gandum termasuk sedang. Susu gandum secara alami mengandung zat beta glucan, yaitu serat yang memberikan efek busa pada beberapa minuman seperti kopi. Susu gandum memiliki karakteristik tak dapat mengental, akan tetapi masih bisa dimasak pada suhu yang tinggi.

3. Susu kacang almond

Susu almond mengandung kalori yang rendah dan mempunyai cita rasa sedikit hambar. Meski demikian, perlu dicatat bahwa susu kacang almond tidak mampu membuat kuah masakan mengental. Oleh sebab itu, dibutuhkan zat pengental tambahan supaya teksur masakan semakin lezat.

4. Susu rempah-rempah

Susu rempah-rempah berasal dari susu sapi yang dicampur dengan sejumlah rempah diantaranya kayu manis, pala, bubuk kari, atau bubuk cabai. Oleh karena itu, susu rempah-rempah sangat direkomendasikan untuk menggantikan santan. Cita rasa susu yang kaya akan rempah dengan teksturnya yang lembut dapat membuat masakan lebih enak.

Nah, itulah beberapa jenis susu yang dapat menjadi pengganti santan. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak