facebook

Merasa Hampa? Lakukan 4 Hal Ini untuk Kembalikan Motivasi

Hayuning Ratri
Merasa Hampa? Lakukan 4 Hal Ini untuk Kembalikan Motivasi
Ilustrasi kehilangan motivasi. (Unsplash/Anthony Tran)

Roda kehidupan yang berputar membuat setiap orang pasti pernah mengalami naik dan turun dalam menjalani kehidupan. Ada saatnya hidup terasa menyenangkan, namun ada pula saatnya ketika hidup terasa menyedihkan.

Ketika berada dalam fase hidup yang membuat kehilangan motivasi hingga merasa hampa, usahakan agar tak membiarkannya berlarut-larut.

Kondisi tersebut dapat menurunkan produktivitas dan hanya membuat kian terpuruk. Untuk mengatasi persoalan tersebut, berikut ini terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengembalikan motivasi yang hilang, melansir Beautynesia.

1. Berdoa dan mengucapkan afirmasi positif

Walaupun terdengar klasik, namun berusaha untuk tetap berdoa dan mengucapkan afirmasi positif dapat memberikan dampak yang luar biasa bagi dirimu. Cobalah melakukan ini setiap mengawali hari dengan meluangkan waktu sekitar 15-30 menit.

Contoh afirmasi positif yaitu dengan mengucapkan “Aku bisa melewati hari ini dengan kuat, aku bersyukut atas segala yang telah Tuhan berikan, aku berharga dan aku berhak untuk meraih impianku” dan masih banyak lagi. Kamu dapat menyesuaikan afirmasi positif ini dengan kondisimu.

2. Percaya dengan kemampuan diri sendiri

Mengalami kegagalan bukan berarti duniamu berhenti seketika. Kegagalan dapat menjadi pembelajaran yang berharga sebagai proses untuk meraih kesuksesan. Tetaplah percaya akan kemampuan dirimu sendiri, apabila masih kurang, cobalah untuk terus berusaha sampai mencapai standar. Ketahuilah bahwa kamu berharga, manusia diberi potensi yang luar biasa oleh Tuhan karena mempunyai akal, perasaan indera, dan fisik yang baik.

3. Menghargai progress

Berhenti membandingkan dirimu dengan pencapaian orang lain. Hal ini hanya akan membuatmu merasa rendah diri. Daripada menghabiskan waktu dan energi untuk memikirkan orang lain, lebih baik fokuslah kepada progress dirimu sendiri. Hargailah progress sekecil apapun yang berhasil kamu lakukan.

4. Mengapresiasi diri

Saat kamu berhasil meraih suatu pencapaian, tak ada salahnya untuk mengapresiasi dirimu sendiri. Kamu dapat memberikan hadiah kepada diri sendiri misalnya dengan membeli makanan favorit, melakukan hobi, atau sekedar beristirahat. Hal ini penting untuk mengembalikan motivasi dan semangat dalam dirimu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan saat hidup terasa hampa dan kehilangan motivasi. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak