alexametrics

Hindari 4 Kebiasaan Ini agar Lekas Mapan, Shopaholic!

Hayuning Ratri
Hindari 4 Kebiasaan Ini agar Lekas Mapan, Shopaholic!
Ilustrasi shopaholic. (Pexels.com/Borko Manigoda)

Mencapai hidup mapan adalah salah satu harapan banyak orang. Namun, beberapa kebiasaan buruk yang jarang disadari dapat menghambat kamu meraih kemapanan. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak sederet kebiasaan berikut ini!

1. Fear of Missing Out (FoMO)

Istilah fear of missing out (FoMO) memiliki arti takut ketinggalan. Seseorang yang terbiasa demikian akan takut jika dikatakan kurang update, kurang gaul, hingga merasa cemas dengan diri sendiri.

Mereka berusaha untuk selalu mengikuti tren. Entah itu dalam hal fashion atau kulineran kekinian. Seolah ada ketakutan jika belum menjajal suatu hal baru yang sedang viral. Padahal, hal tersebut bisa jadi tidak terlalu dibutuhkan.

2. Kurang merasa bersyukur

Melihat unggahan foto teman yang selalu update kulineran hingga jalan-jalan ke luar negeri membuatmu merasa kurang dan kurang. Kamu merasa ingin mengimbangi mereka dan melakukan segala cara untuk bisa sama dengan mereka.

Perasaan iri hati yang muncul akibat kurangnya rasa bersyukur tidak akan memberikan manfaat bagimu. Jika kamu kurang bisa mengendalikan kebiasaan seperti ini, tak ada salahnya kamu mengaktifkan fitur mute atau unfollow agar demi menjaga kesehatan mental dan keuanganmu.

3. Selalu berkata iya untuk nongkrong

Kamu sulit sekali menolak ajakan teman untuk nongkrong bersama. Hari ini nongkrong dengan teman kuliah, lusa nongkrong dengan teman SMA, akhir pekan nongkrong dengan pasangan. Tak hanya waktumu yang terbuang sia-sia, uangmu juga bisa ludes jadinya.

4. Shopaholic

Shopaholic adalah istilah yang merujuk pada orang yang mempunyai kebiasaan gila belanja. Apakah kamu adalah orang yang tidak butuh waktu berpikir panjang dan matang untuk memutuskan membeli suatu barang? Hati-hati, hal ini bisa membuatmu menjadi boros dan tak lekas mapan.

Nah, itulah sejumlah kebiasaan yang bisa membuatmu tidak kunjung mapan di usia muda. Apakah ada kebiasaan yang sering kamu lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak