alexametrics

4 Langkah Menurunkan Efek Samping Kopi yang Bikin Susah Tidur, Apa Saja?

Hayuning Ratri
4 Langkah Menurunkan Efek Samping Kopi yang Bikin Susah Tidur, Apa Saja?
Ilustrasi susah tidur. (Pexels.com/Ivan Samkov)

Minum kopi telah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Lebih lanjut, minuman berkafein satu ini bisa menimbulkan efek samping yang berbeda-beda pada masing-masing orang. Salah satu efek samping yang paling umum akibat minum kopi adalah susah tidur.

Untuk mengatasi efek samping dari kopi yang membuat susah tidur, berikut ini terdapat sejumlah langkah yang dapat dilakukan, dilansir Hellosehat.

1. Minum kopi saat pagi atau siang hari

Bagi kamu yang sulit lepas dari kopi, cobalah untuk mengambil waktu minum kopi saat pagi atau siang hari. Sebaiknya, kamu mengonsumsi kopi minimal 8-10 jam sebelum tidur malam. Dengan langkah ini, kamu tidak perlu bersusah payah lagi harus menghilangkan efek samping susah tidur.

2. Meningkatkan asupan air mineral

Langkah berikutnya yang dapat dilakukan untuk menurunkan efek samping dari minum kopi adalah dengan meningkatkan asupan air mineral. Hal ini dikarenakan berdasarkan Sleep Advisor, efek dari kopi akan semakin meningkat apabila tubuh kekurangan cairan (dehidrasi).

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini, kamu dapat mengambil langkah mudah dengan minum banyak air putih atau air mineral agar efek kopi cepat menghilang.

3. Membatasi banyaknya kopi yang dikonsumsi

Pada langkah ini, kamu perlu mengenali dirimu sendiri. Sejauh mana kemampuan tubuhmu terhadap minuman kopi? Dengan mengetahui seberapa banyak jumlah kopi yang bisa diterima oleh tubuh, maka hal ini akan memudahkanmu mengontrol efek samping dari kopi.

Hal ini disebabkan, semakin banyak kadar kopi yang masuk ke tubuh, maka semakin sulit pula untuk bisa menurunkan efek dari minuman berkafein ini.

4. Berolahraga

Tak dimungkiri, olahraga memang memberikan beragam kebaikan bagi tubuh, termasuk untuk menurunkan efek kopi agar bisa tidur lebih nyenyak. Pasalnya, ketika tubuh aktif bergerak, maka proses metabolisme kopi di dalam tubuh bisa berlangsung lebih cepat. Dengan demikian, efek dari minum kopi pun cepat menurun.

Nah, itulah sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menurunkan atau menghilangkan efek samping dari kopi yaitu susah tidur. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak