facebook

Ketahui, 4 Tips Mengelola Cash Flow Setelah Mendapat Gaji Bulanan

Hayuning Ratri
Ketahui, 4 Tips Mengelola Cash Flow Setelah Mendapat Gaji Bulanan
Ilustrasi mengelola cash flow. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Menerima gaji sebulan sekali mengharuskan kamu pandai mengelola keuangan dengan cermat. Pasalnya, keliru dalam mengatur arus keluarnya uang (cash flow) dapat membuat gaji habis tak tersisa sebelum gaji bulanan berikutnya turun. Tentu kamu tidak mau hal ini terjadi kan?

Berikut ini terdapat sejumlah tips yang dapat membantu untuk mengatur cash flow, sehingga tidak boros. Apa saja? Yuk disimak satu per satu!

1. Melakukan belanja bulanan

Jika kamu hanya memperoleh gaji selama sebulan sekali, ada baiknya kamu memilih untuk melakukan belanja bulanan. Dengan demikian, kamu dapat memprioritaskan barang-barang yang memang menjadi kebutuhanmu terlebih dahulu. Lebih lanjut, hal ini dapat mengurangi tindakan impulsive buying yang kurang bermanfaat.

2. Memanfaatkan promo bulanan

Kebanyakan orang saat ini memilih melakukan belanja secara online. Beberapa marketplace pun sering menawarkan promo bulanan yang dapat kamu manfaatkan, misalnya payday promo atau promo pada tanggal kembar setiap bulan. Namun, pastikan hal ini untuk membeli apa yang menjadi kebutuhanmu ya. Promo ini lumayan untuk mengurangi pengeluaran yang seharusnya kamu keluarkan.

3. Usahakan tidak menggunakan paylater

Apabila kamu tidak berhati-hati dan pandai menahan diri, paylater dapat membuatmu terjebak dalam gaya hidup yang lebih boros. Kamu dapat merasa sulit membedakan kebutuhan dan keinginan, sehingga kamu semakin mudah untuk memasukkan barang ke dalam keranjang tanpa pikir panjang. Padahal, kamu pun punya kewajiban untuk membayarnya sebelum jatuh tempo. Oleh sebab itu, usahakan untuk sebisa mungkin tidak menggunakan paylater.

4. Kurangi jajan

Hari ini jajan untuk mengapresiasi diri, besok jajan karena diajak teman, lusa jajan lagi karena ada tempat makan baru. Jika kebiasaan seperti ini sering kamu lakukan, maka uangmu dapat habis sebelum gaji bulanan berikutnya cair. Coba pikir kembali sebelum memutuskan untuk jajan, apakah kamu yakin hal tersebut penting untuk dilakukan?

Nah, itulah beberapa tips yang dapat dilakukan bagi kamu yang biasa mendapat gaji dalam kurun waktu sebulan sekali. Jangan lupa sisihkan sejumlah uang pula untuk dana darurat dan tabungan agar sewaktu-waktu kamu membutuhkan, kamu tak perlu kesulitan mencari utang atau merepotkan orang lain. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak