alexametrics

Catat! Ini 5 Kebiasaan Sering Mager yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan

Hayuning Ratri
Catat! Ini 5 Kebiasaan Sering Mager yang Berdampak Buruk untuk Kesehatan
Ilustrasi kebiasaan mager. (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Siapa yang sering mager? Sebenarnya rebahan dan bermalas-malasan tak masalah asal tidak dilakukan setiap hari. Pasalnya, selain membuang waktu dengan sia-sia, mager juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Berikut ini terdapat sejumlah kebiasaan yang sering dilakukan kaum mager dan berisiko terhadap kesehatan. Apa saja? Yuk disimak satu per satu.

1. Duduk terlalu lama

Terlalu lama duduk dengan posisi yang sama bisa berpengaruh terhadap kesehatanmu. Kebiasaan tersebut meningkatkan risiko terkena penyakit darah tinggi, diabetes, peningkatan berat badan, hingga penyakit jantung.

2. Rebahan selama berjam-jam

Rebahan memang menyenangkan bukan? Namun, jangan sampai kamu menghabiskan waktu seharian hanya untuk rebahan. Pasalnya, bermalas-malasan dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Lebih lanjut, kurangnya aktivitas pada tubuh juga dapat membuatmu lebih rentan terkena osteoporosis. Hal ini dikarenakan tulang dan otot yang jarang beraktivitas menjadi melemah.

3. Selalu naik kendaraan meski pergi dengan jarak dekat

Sekadar pergi ke rumah tetangga saja membuatmu mager dan memilih naik sepeda motor. Cobalah untuk mengurangi mager tersebut dengan memilih untuk jalan kaki. Walaupun sebentar dan sedikit, namun hal ini lebih menyehatkan tubuhmu.

4. Memilih memakai lift ketimbang eskalator

Ketika jalan-jalan di pusat perbelanjaan, kecuali kamu membawa banyak barang bawaan atau bersama orang tua, sebaiknya pilihlah untuk menggunakan eskalator/tangga daripada lift. Hal ini dapat bisa melatih kesehatan jantungmu.

5. Gemar makan makanan cepat saji

Makan makanan cepat saji kerap dipilih kaum mager karena lebih praktis tidak perlu ribet memasak. Selain itu, rasanya yang nikmat membuat makanan cepat saji banyak digemari. Padahal, makanan cepat saji seperti olahan daging mengandung banyak pengawet, pewarna, dan zat-zat lainnya yang berdampak buruk bagi tubuh.

Terlalu sering makan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit serius, contohnya kolesterol, asam urat, diabetes, dan gangguan hormon. Jadi, usahakan untuk memperbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang berdampak baik untuk kesehatanmu.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang sering dilakukan kaum mager dan meningkatkan risiko mengganggu kesehatan. Adakah kebiasaan yang sering kamu lakukan?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak