alexametrics

Wajib Tahu! 4 Soft Skill yang Harus Dikuasai saat Bekerja di Masa Pandemi

Hayuning Ratri
Wajib Tahu! 4 Soft Skill yang Harus Dikuasai saat Bekerja di Masa Pandemi
Ilustrasi bekerja dari rumah. (Unsplash/Bench Accounting)

Pandemi Covid-19 membawa banyak perubahan pada kehidupan manusia, termasuk dalam urusan pekerjaan.  Menyikapi hal ini, kamu perlu mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar mampu bersaing dan bertahan pada masa ini.

Berikut ini 4 soft skill yang harus kamu kuasai untuk bekerja di masa pandemi:

1. Mampu beradaptasi dengan cepat

Pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat untuk bisa beradaptasi secara cepat. Misalnya saja, kini masyarakat wajib menggunakan masker setiap keluar rumah, rajin cuci tangan, dan jaga jarak minimal 2 meter.

Lebih dari itu, dalam hal pekerjaan, pandemi Covid-19 membuat kerja dari rumah menjadi hal yang lumrah. Segala kebiasaan baru ini terkadang membuat orang tidak nyaman dalam menjalaninya. Namun, untuk dapat tetap bertahan pada masa pandemi ini, kemampuan beradaptasi adalah sebuah bekal yang wajib dimiliki.

2. Terbuka untuk belajar hal baru

Dampak pandemi yang begitu hebat pada kehidupan manusia, membuat banyak orang terpaksa beralih pekerjaan. Oleh sebab itu, kamu perlu terbuka untuk belajar banyak hal baru yang sebelumnya asing bagimu.

Dengan sikap bersedia untuk belajar hal baru, bisa jadi kamu menemukan bakat yang terpendam atau passion lainnya yang bisa digunakan untuk menambah penghasilan. Jadi, jangan lelah untuk belajar hal-hal baru ya. Siapa tahu ada rezekimu di sana.

3. Mengendalikan emosi

Soft skill yang satu ini berkaitan erat dengan yang namanya kecerdasan emosi (EQ). Meski terkesan simpel, tetapi mengolah emosi juga perlu dilatih. Pasalnya, kurang mampu mengendalikan emosi dengan baik dapat membahayakan urusan pekerjaan.

Misalnya saja, kamu jadi kurang bijak dalam mengambil keputusan atau bertindak kurang tepat karena pengaruh emosi negatif yang belum dikelola dengan baik.

4. Berpikir kreatif

Pandemi ini juga membuat beberapa perusahaan tak segan untuk melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawannya. Menyikapi hal tersebut, orang dipaksa untuk memutar otak atas apa yang mesti dikerjakan selanjutnya. Akhirnya, tak sedikit yang memutuskan terjun dalam industri kreatif karena melihat peluangnya yang masih terbuka lebar.

Banyak platform yang dapat kamu manfaatkan untuk menambah sumber cuan dengan menjadi content creator. Salah satu kunci agar kamu dapat tetap eksis dan bertahan untuk menekuni bidang tersebut adalah dengan berpikir kreatif. Kamu dituntut untuk bisa menggali ide dan gagasan yang kreatif dan menarik untuk disajikan dalam sebuah konten.

Nah, itulah sejumlah soft skill yang dapat membantu kamu untuk dapat bertahan pada masa pandemi ini. Semoga membantu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak