alexametrics

Menikah Kini Tak Perlu Pusing, Cek 5 Tipsnya!

Dea Nabila
Menikah Kini Tak Perlu Pusing, Cek 5 Tipsnya!
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Pernikahan adalah impian setiap orang terutama bagi yang telah memiliki pasangan. Berbagai hal perlu dipersiapkan untuk melangsungkan rangkaian acara pernikahan seperti lamaran, siraman, akad atau pemberkatan, hingga resepsi.

Tak jarang, banyak pasangan yang merasa kebingungan untuk menentukan langkah pertama yang harus dilakukan untuk mempersiapkan pernikahan. Ada yang memulainya dari menentukan tanggal pernikahan, ada juga yang memulainya dari survei penyedia jasa acara.

Semua hal tersebut bergantung dengan kebutuhan masing-masing. Nah, agar kamu dan pasanganmu tidak salah langkah dalam merencanakannya, yuk simak beberapa tips ini!

Menentukan tanggal pernikahan dan lokasi pernikahan

Hal ini tentu saja menjadi salah satu poin penting dalam merencanakan pernikahan. Jika kamu dan pasanganmu berasal dari daerah yang sama, maka mulailah untuk menentukan lokasi pernikahan sesuai dengan daerah asalmu.

Namun jika kamu dan pasanganmu berasal dari daerah yang berbeda, akan lebih baik untuk melakukan diskusi dengan keluarga atau kerabat agar tidak menimbulkan selisih paham.

Mulai merencanakan konsep pernikahan

Mayoritas masyarakat Indonesia menganggap pernikahan adalah hal yang sakral dan penuh makna sehingga tak jarang pernikahan merupakan salah satu acara yang dianggap dapat melestarikan budaya lewat adat yang digunakan.

Hal ini dapat diimplementasikan melalui konsep pernikahan yang akan dirancang. Berbagai rangkaian acara seperti siraman dan akad dapat menggunakan adat dan budaya asal daerahmu dan pasangan.

Budgeting untuk merancang biaya pernikahan

Terbuka soal keuangan kepada pasangan dan keluarga juga cukup penting, loh. Untuk sebagian orang, acara pernikahan adalah suatu hal yang cukup besar dan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Namun, hal itu bisa kamu sesuaikan dengan budgetmu dan pasangan.

Hal itu juga membuat banyak pasangan memilih untuk membuat tabungan nikah bersama agar semua biaya yang diperlukan untuk melangsungkan acara dapat terkumpul sedikit demi sedikit sehingga tidak menjadi beban ketika mendekati hari h pernikahan.

Mencari penyedia jasa layanan pernikahan atau Wedding Organizer (WO)

Penyedia jasa layanan pernikahan seperti Wedding Organizer (WO) akan cukup membantumu dan pasangan untuk mengatur pernikahan yang akan dilaksanakan. WO akan membantumu untuk menentukan vendor penyedia dekorasi, gedung, catering, dan elemen pendukung lain dalam pernikahan dengan memberikan berbagai macam referensi.

WO juga akan mendampingimu untuk mempersiapkan berbagai macam hal yang berkaitan dengan surat-menyurat ke Kantor Urusan Agama (KUA), perizinan lokasi, sesi pre-wedding, hingga hari H pernikahan.

Tak hanya itu, pihak WO juga akan membantumu dan pasangan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan para vendor agar pernikahan dapat berjalan dengan lancar. Tentu saja, menemukan WO yang cocok denganmu akan mempermudah kamu dan pasangan untuk mewujudkan pernikahan impian kalian.

Melibatkan orang-orang terdekat untuk berdiskusi

Hal ini tak kalah penting dari poin-poin sebelumnya. Pernikahanmu pasti menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh keluarga dan kerabat. Oleh karena itu, penting untuk mulai menjalin komunikasi dan berdiskusi dengan mereka agar kamu dan pasanganmu bisa mendapatkan berbagai saran dan kritik perihal pernikahan dan kehidupanmu setelah menikah.

Tak jarang, mereka akan turun langsung untuk memberikan bantuan selama persiapan pernikahan, sehingga kamu dan pasanganmu akan terbantu untuk menentukan pilihan sesuai keinginan.

Nah, itu dia tips yang bisa kamu dan pasanganmu lakukan jika kalian berdua telah berkomitmen untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan dan sudah siap untuk merencanakan acara pernikahan kalian. Bagaimana? Sudah siap untuk menikah? Yuk segera rencanakan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak