facebook

4 Tanda Seseorang Melakukan Body Shaming Terhadapmu

Xandra Junia In
4 Tanda Seseorang Melakukan Body Shaming Terhadapmu
Ilustrasi body shaming di media sosial maupun di dunia nyata. (Shutterstock)

Body shaming merupakan salah satu perbuatan buruk dengan kebiasaan merundung bentuk fisik orang lain. Biasanya, para pelaku menutupinya dengan alasan "bercanda", agar korban tidak merasa sakit hati.

Selain langsung melontarkan kalimat kurang sopan, body shaming juga ternyata ditandai dengan 4 hal di bawah ini, lho.

1. Menyuruh diet

Pernahkah kamu dipaksa diet oleh seseorang? Secara tidak langsung, ia merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuhmu. Dikarenakan takut membuatmu tersinggung, ia lebih memilih untuk menyarankan diet, ketimbang melakukan body shaming.

Pada dasarnya, diet bukanlah sesuatu yang buruk. Namun, lebih baik dilakukan dari kesadaran diri sendiri. Tidak dengan sebuah paksaan, karena kamu lah yang akan merasa tersiksa, bukan mereka.

2. Mengatur penampilan

Body shaming juga ditandai dari seseorang yang sering mengatur penampilanmu. Misalnya, kamu nyaman menggunakan kaos longgar dan celana panjang. Namun, mereka mengatakan bahwa kamu kurang cocok, yang berarti tubuhmu terlihat buruk saat memakainya.

Alhasil, mereka menyarankan beberapa setelan yang tidak kamu sukai. Ingat, jangan repot-repot mengubah penampilan demi orang lain. Kamu hanya perlu menggunakan apa yang membuatmu nyaman, selama pakaian tersebut layak untuk digunakan.

3. Memuji dengan alasan

Memuji dengan alasan biasa dilakukan oleh orang-orang terdekat. Bisa pasangan, sahabat, dan keluarga. Contoh kalimatnya, "kamu cantik banget tapi sedikit gemuk". Sudah sangat jelas bahwa pujian tersebut memiliki maksud lain, yaitu merundung perihal tubuhmu.

Jadi, begitu dipuji dengan kalimat tersebut, jangan senang dulu, ya. Mereka menyebutmu demikian ketika kamu memiliki bentuk tubuh sesuai standar ideal, bukan pada saat itu.

4. Panggilan sayang

"Ndut"
"Ceking"
"Item"
Panggilan-panggilan tersebut mungkin terlihat biasa saja, bahkan menyenangkan bagimu. Apalagi ketika sang kekasih yang memberinya. Padahal, hal tersebut menandakan ia telah melakukan body shaming. Ia hanya ingat dengan fisik serta penampilanmu. Oleh karenanya, "panggilan sayang" seperti itu dilontarkan untukmu.

Nah, itulah 4 tanda bahwa seseorang telah melakukan body shaming terhadapmu. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak