facebook

10 Rekomendasi Film Survival Ini Bisa Bikin Kamu Ikutan Panik dan Takut!

Lirt
10 Rekomendasi Film Survival Ini Bisa Bikin Kamu Ikutan Panik dan Takut!
Leonardo DiCaprio, The Revenant.

Survival atau usaha bertahan adalah salah satu genre film yang memiliki banyak peminat. Selain seru film bergenre survival ini bisa bikin kamu ikutan tegang, takut, deg-degan dan panik.

Film survival pun kerap meninggalkan kesan yang membekas bagi para penontonnya, karena segala emosi terkuras melihat seseorang berjuang dan berhasil lepas dari kematian atau kejadian seperti bencana alam, serangan binatang buas, hingga terjebak di suatu tempat.

Jika kamu suka dengan film bergenre survival ini dia, 10 rekomendasi film yang sebagian diangkat dari kisah nyata , simak!

1. The Platform

Film ini berkisah mengenai penjara berukuran besar bernama “Vertical Self-Management Center” ketika penghuninya secara berkala di tukar secara acak antar lantai dan diberi makan melalui platform yang awalnya berisi makanan kemudian secara bertahap turun ke setiap lantai.

 Sistem ini diberlakukan agar tercipta konflik, dimana tahanan di lantai atas bisa mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya dan meninggalkan sedikit makanan untuk tahanan di lantai selanjutnya.

Secara sederhana, The Platform memotret tentang kesenjangan sosial, kala mereka yang berada di bawah berjuang untuk bertahan hidup dari kelaparan hingga bisa menjadi 'buas'. Sementara yang berada di atas bergelimang segala 'kemewahan' diliputi ketamakan dan keserakahan.

Sebagai catatan, film ini memuat konten sadis, kekerasan, serta adegan dewasa. Selain itu, ada baiknya film ini juga tidak ditonton sembari makan. Usai mengetahui review The Platform, film ini dapat disaksikan secara streaming di Netflix.

2. Alive (1993)

Alive adalah film yang diangkat dari buku ‘Alive: The Story of the Andes Survivor’ ini menceritakan kisah nyata yang dialami tim rugbi asal Uruguay yang mengalami kecelakaan pesawat di Pegunungan Andes pada Oktober 1972.

Beberapa penumpang yang berhasil selamat terpaksa berupaya untuk menjaga stok makanan mereka hingga menyebabkan pertikaian. Untuk bertahan hidup, mereka pun terpaksa memakan daging dari penumpang yang meninggal dunia.

3. The Revenant

The Revenant berfokus pada kisah Hugh Glass (Leonardo DiCaprio), seorang pemandu jalan bagi pemburu yang diserang seekor beruang Grizzly.

Setelah peristiwan itu, Kapten Henry (Domhnall Gleeson) yang merasa bahwa Glass tidak mungkin selamat, memerintahkan tiga awaknya untuk menemani Glass sampai dia mati dengan iming-iming hadiah.

Seorang awak, Fitzgerald yang tak sabar Glass mati, mencoba membunuh Glass dengan menguburnya hidup-hidup.

Konflik pun dimulai di sini, Glass harus bertahan hidup sambil memikirkan rencana balas dendam pada orang-orang yang berusaha membunuhnya.

Film survival di hutan terbaik ini tidak hanya bagus dari sisi cerita, tetapi juga bisa membawa sang aktor, Leonardo DiCaprio memenangkan penghargaan aktor terbaik dalam Academy Award.

4. Rabbit-Proof Fence

Rabbit-Proof Fence adalah film tentang bertahan yang terinspirasi dari kisah nyata. Pada tahun 1931 anak-anak keturunan campuran Aborigin dan kulit putih diasingkan untuk “dididik ulang” sebagai pekerja dan pelayan.

Namun, tiga anak bernama Molly, Daisy, dan Gracie, tidak ingin menyerah begitu saja dengan tinggal di kamp pemaksaan. Maka dari itu, ketiganya pun melarikan diri dari kamp dan menjelajahi benua sepanjang 2.400 kilometer sambil dikejar oleh ahli pelacak.

5. 127 Hours

Film survival terbaik ini di ambil dari kisah nyata,  mengisahkan Aaron Ralston yang sedang berpetualang dan mendaki gunung sendirian ke Blue John Canyon, Utah. Di tengah petualangannya tersebut, Aaron terperosok ke dalam sela-sela tebing.

Namun tiba-tiba sebuah batu besar masuk ke dalam sela-sela tebing hingga tangannya terhimpit batu. Sialnya tidak ada seorangpun yang tahu bahwa Aaron pergi ke Blue John Canyon. Dia pun mencoba berteriak minta tolong tetapi tidak ada yang mendengar.

Lalu, bagaimanakah Aaron dapat bertahan hidup dan lepas dari himpitan batu itu?

6. The Martian

"The Martian” merupakan salah satu film bertahan hidup di luar angkasa yang tentu sangat menegangkan. Diceritakan, seorang astronot bernama Mark Watney sedang dalam sebuah misi di planet Mars.

Suatu hari, badai besar menghantam markas mereka di planet Mars yang membuat semua anggota tim menyelamatkan diri. Sayangnya Mark tertinggal dan rekan-rekannya mengira bahwa Mark sudah mati.

Lalu bagaimana caranya Mark bertahan hidup di sebuah planet gersang tak berpenghuni?

7. Jungle

Jungle adalah salah satu film survival di hutan terbaik yang terinspirasi dari kisah nyata. Film ini menceritakan pria asal Israel bernama Yossi Ghinsberg yang memulai penjelajahannya ke pedalaman Hutan Amazon.

Dalam petualangannya kali ini, dia bertemu dengan seorang guru sekolah dari Swiss yang bernama Stamm dan temannya Kevin Gale. Ketiganya pun memutuskan untuk melakukan perjalanan bersama dalam hutan tersebut.

Namun, petualangan seru tersebut akhirnya berbuah menjadi petaka dan mereka harus bersusah payah bertahan hidup saat terisolasi dalam hutan hujan terbesar di dunia.

8. The Way Back (2010)

The Way Back adalah film yang mengambil setting Perang Dunia II di angkat dari kisah nyata yang dialami oleh Slamowir Rawciz, seorang tahanan perang yang berhasil meloloskan diri dari Soviet Gulag.

Ia pun kemudian mengumpulkan beberapa tahanan lainnya untuk berjalan sejauh 6.400 km menuju India. Berbagai macam tantangan dari alam harus mereka hadapi mulai dari badai salju, gurun yang terik hingga gunung yang terjal.

9. Touching the Void (2003)

Lagi-lagi film survival yang diangkat dari kisah nyata. Touching the Void adalah film yang mengisahkan pendakian Joe Simpson dan Simon Yates yang hampir berakibat fatal.

Pada tahun 1985, keduanya sedang berjuang menjadi pendaki pertama yang berhasil mendaki sisi barat Siula Grande di Pegunungan Andes.

Mereka pun berhasil mencapai puncak Siula Grande, Namun saat mereka mulai menuruni gunung bencanapun terjadi.

10. Tunnel (2016)

Tunnel menrupakan film survival yang berasal dari Korea Selatan, dibintangi Ha Jung Woo yang memerankan seorang salesman mobil. Suatu hari ia tiba-tiba terperangkap di dalam terowongan yang tiba-tiba ambruk.

Ia pun harus mencoba bertahan hidup di dalam terowongan tersebut dengan nasihat dan arahan dari tim penyelamat.

Nah, menurutmu mana yang paling bikin deg-degan dan menarik untuk ditonton?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak