alexametrics

Siap Jadi ASN? Ini 4 Tips Lancar Tes CPNS!

Xandra Junia In
Siap Jadi ASN? Ini 4 Tips Lancar Tes CPNS!
Ilustrasi Suasana Tes CPNS. [ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko]

Penerimaan CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan perekrutan yang paling banyak ditunggu setiap tahun. Salah satunya, pada 2021 ini yang sudah dibuka sejak 30 Juni-14 Juli kemarin.

Selanjutnya, akan ada pengumuman siapa saja yang lolos menuju tahap selanjutnya di akhir bulan Juli melalui masing-masing instansi.

Jika nanti dinyatakan lolos, kamu bisa menerapkan 4 tips di bawah ini agar seluruh tes yang dilaksanakan nanti dapat berjalan lancar.

1. Cari informasi

Informasi merupakan hal penting yang perlu kamu gali termasuk pada penerimaan CPNS. Temukan penjelasan dari tiap proses pada alur yang sudah ditetapkan. Misalnya, mengenai SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar dan Seleksi Kompetensi Bidang alias SKB.

Lalu, pantau juga formasi yang sekiranya kurang diminati, guna mengetahui tempat mana yang berpeluang besar untuk ditembus.

Selain itu, cari juga pengalaman seseorang yang pernah mengikuti rekrutmen tersebut. Contohnya pada sebuah blog, konten media sosial, atau unggahan video Youtube.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan gambaran tentang proses penerimaan CPNS yang pastinya tidak akan berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya.

2. Latihan soal

Sebelum perekrutan dibuka, sudah banyak soal-soal tes CPNS yang tersebar di berbagai media online. Ada juga yang dijual cetak dan dapat kamu temukan di toko-toko buku. Jadi, bukan alasan yang tepat jika tidak berlatih mengerjakan soal karena susah dicari.

Tes CPNS terdiri dari soal-soal TIU atau Tes Intelegensia Umum, Tes Wawasan Kebangsaan alias, dan TKP yang berkepanjangan Tes Karakteristik Pribadi, menggunakan komputer serta laptop yang telah disediakan.

Kemungkinan miripnya memang kurang dari 100%, namun tidak ada salahnya untuk berlatih menggunakan kumpulan soal yang tersebar di internet.

3. Jaga kesehatan

Kesehatan juga penting dalam menunjang kelancaran mengikuti proses penerimaan CPNS. Untuk itu, rutinlah berolahraga dan asupan bergizi. Jangan lupa juga untuk rutin konsumsi vitamin dan air putih, serta tidur yang cukup.

Kurangi begadang, meskipun untuk berlatih soal. Terlebih di satu hari sebelum tes dilaksanakan. Selain mengantuk, tubuh juga akan menjadi tidak fit, serta kepala yang rentan merasa pusing.

4. Berdoa

Tips yang terakhir adalah berdoa. Ingat, bahwa Tuhan sangat berpengaruh dalam segala kehidupanmu, termasuk soal karier. Oleh karenanya, rajinlah memanjatkan doa setiap hari agar selalu diberi kelancaran dan kemudahan.

Namun, begitu sudah diterima pada proses CPNS ini, jangan pernah berpikir untuk meninggalkan-Nya, ya!

Itulah keempat tips lancar tes CPNS yang bisa kamu terapkan jika lolos seleksi administrasi. Apakah kamu sudah siap?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak