alexametrics

Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Cara Sederhana

Desyta Rina Marta Guritno
Melatih Kemampuan Berbahasa Inggris dengan Cara Sederhana
Ilustrasi Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Listening. (Pixabay//PourquoiPas)

Belajar bahasa Inggris bagi sebagian orang adalah sesuatu yang sulit dilakukan, namun ada juga lho cara sederhana dan menyenangkan yang bisa kita lakukan untuk melatih kemampuan serta kebiasaan kita berbahasa Inggris. Simak ulasan berikut!

1. Mengubah settingan ponsel ke bahasa Inggris

Cara ini adalah yang paling sederhana, dengan mengubah settingan ponsel ke bahasa Inggris sedikit banyak kita akan terbiasa, kosakata-kosakata baru juga akan muncul dan memberikan kita pengetahuan vocabulary yang semakin banyak.

Selain itu ponsel adalah sesuatu yang sering kita pegang dan lihat, maka untuk mengingat kosakata bahasa Inggris di dalamnya akan semakin mudah.

2. Menyanyi dan mendengarkan lagu

Menyanyi dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris adalah salah satu cara paling efektif untuk melatih kita agar terbiasa. Dengan menyanyi dan mendengarkan kita dapat mengerti pengucapan atau pronouciation suatu kata, mengetahui lebih banyak kata bahasa Inggris dan juga slang-nya. Kemudian dengan menyanyi kita dapat melatih lidah kita agar fasih mengucapkan bahasa Inggris.

Carilah lagu-lagu berbahasa Inggris dengan tempo yang tidak terlalu cepat beserta liriknya agar kamu bisa ikut berlatih dan tidak kesulitan dalam pengucapannya. Lagu berjudul My Love dari Westlife atau All of Me dari John Legend cocok untuk kamu yang ingin belajar bahasa Inggris.

3. Menonton film

Film adalah salah satu media untuk belajar bahasa Inggris yang mengasyikkan, dalam film kita bisa belajar penggunaan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Misalnya kata sapaan yang biasa kita pelajari di buku belum tentu sama dengan yang digunakan dalam praktek kesehariannya.

Film juga bisa dijadikan latihan listening, namun untuk pemula hal ini mungkin akan sedikit sulit jadi harus dibantu dengan subtitle.

4.     Membaca tulisan berbahasa Inggris

Jika kamu suka membaca, cobalah untuk membaca bacaan berbahasa Inggris. Mulailah dengan bacaan yang ringan seperti cerita dongeng atau caption berbahasa Inggris di sosial mediamu. Semakin banyak membaca akan semakin banyak perbendaharaan kata yang kita miliki. Cari maknanya jika ada kata yang tidak familiar, kemudian perhatikan pula cara pengucapannya.

Itulah 4 cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk melatih kebiasaan berbahasa Inggris, semakin banyak berlatih semakin kita terbiasa dan semakin kita mahir menggunakannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak