alexametrics

5 Penyebab Jangan Terlalu Cepat Mengambil Keputusan, Harus Dipertimbangkan

Rizki Putra
5 Penyebab Jangan Terlalu Cepat Mengambil Keputusan, Harus Dipertimbangkan
Ilustrasi meeting. (pexels.com/Christina Morillo)

Supaya hubungan sosialmu berjalan dengan baik, maka kamu harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik juga. Cerminan seseorang bisa dilihat dari cara mereka berkomunikasi dan juga mengambil suatu keputusan.

Namun, jika dibutuhkan keputusan yang cepat, pasti kamu harus memiliki waktu untuk memikirkannya. Kalau kamu asal mengambil langkah, tentu bisa merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Maka dari itu, ini 5 penyebab pentingnya memberikan waktu berpikir ketika ingin mengambil keputusan.

1. Kamu perlu untuk berpikir kembali

Mengambil keputasan disaat momen tidak terencana, membuatmu harus lebih fokus dan memberikan perhatian lebih terhadap apa yang sedang kamu hadapi. Namun, bagaimana kalau dituntut untuk memberikan keputusan yang terbaik untuk masa depan?

Nah, ketika mengambil suatu keputusan yang bisa berpengaruh dikemudian hari, sangat dibutuhkan untuk berpikir ulang agar mendapakan keputusan yang terbaik. Dengan tidak terburu-buru, memberikan kesan bahwa kamu seorang yang tenang dan pintar memposisikan diri ketika menghadapi persoalan.

2. Menjaga agar tidak salah berucap

Mungkin, kamu adalah orang yang dibutuhkan oleh orang lain untuk mengambil eksekusi demi kebaikan bersama. Sehingga mengharuskanmu mengambil keputusan untuk menghasilkan manfaat yang besar untuk lingkunganmu.

Jika kamu terlalu cepat mengambil keputusan, maka semakin besar potensimu untuk salah memilih. Karena yang ada di benakmu adalah menilai sesuatu hal berdasarkan apa yang kamu lihat pada kondisi saat itu. Tidak heran membuatmu selalu salah berucap ketika memilih keputusan, dan banyak orang yang akan kecewa karena kamu terburu-buru.

3. Meluangkan waktu untuk mengukur risiko

Memberikan jeda waktu pada diri sendiri untuk mengukur risiko, tentunya sangat dibutuhkan untuk lebih memahami ucapan yang tepat untuk mengutarakan keinginan saat mengambil suatu keputusan. Tujuaannya agar tidak melebar kemana-mana permasalahannya dan bisa fokus terhadap pembahasan.

Hal ini yang akan menjadi cerminan bagi dirimu sendiri untuk menentukan kualitas dalam mengerjakan sesuatu hal. Memilih untuk terburu-buru mengambil keputusan, sama saja tidak mempertimbangkan risiko yang terjadi kedepannya, makanya luangkan waktu untuk bisa memberikan respons.

4. Lebih memahami kondisi yang sebenarnya

Tidak semua hal bisa kamu pahami dengan waktu yang singkat. Terkadang kamu sulit untuk bisa memahami dimana letak persoalannya, dan menemukan benang merahnya.

Dengan kamu tidak terburu-buru mengambil keputusan, akan memiliki jeda waktu untuk bisa merenung sejenak agar mengetahui kondisi sebenarnya. Sehingga kamu lebih bisa menganalisis untuk memberikan keputusan yang tepat.

5. Mendapatkan sudut pandang yang berbeda

Terkadang dalam mendiskusikan suatu persoalan, selalu mendapatkan insight berdasarkan satu arah saja. Sehingga akan kesulitan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Saat kamu memberikan jeda waktu untuk mengambil keputusan, disitulah kamu akan lebih memahami persoalan dari berbagai sudut pandang. Sehingga tidak mendahulukan ego dalam mengambil keputusan, namun berpikir dengan kepala dingin dalam menentukannya.

Mengambil keputusan merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan, dan jangan asal memilih, nantinya bisa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Makanya, berikan jeda waktu agar menolongmu disaat kamu kesulitan mengambil keputusan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak