alexametrics

4 Tips Joging Ini Perlu Diketahui, Salah Satunya Perhatikan Jenis Pakaian

Xandra Junia Indriasti
4 Tips Joging Ini Perlu Diketahui, Salah Satunya Perhatikan Jenis Pakaian
Ilustrasi Joging dengan Nyaman. (pixabay)

Joging adalah suatu aktivitas yang mengandalkan gerakan kaki. Biasanya sering dilakukan di waktu pagi, karena dianggap memiliki manfaat yang jauh lebih baik. Salah satunya, mampu memperbaiki mood akibat stres, insomnia, maupun kecemasan berlebih.

Namun, dalam pelaksanaannya, kamu perlu menerapkan tips-tips guna joging terasa nyaman dan aman. Nah, berikut ini 4 di antaranya.

1. Pakai alas kaki sesuai

Terlihat sepele, nyatanya jogging wajib menggunakan alas kaki yang sesuai. Jika tidak, kamu bisa saja terkena benda tajam atau bahkan cedera. Bukannya sehat, malah menambah masalah baru yang memungkinkanmu untuk sulit melakukannya lagi. Aktivitas lain pun menjadi terganggu karenanya.

Oleh karena itu, cobalah memakai alas yang menutupi keseluruhan kaki. Misal, sepatu. Pilih juga jenisnya yang kondisinya empuk. Hal ini bertujuan agar kaki tidak mudah lelah dan terasa sakit dalam menopang tubuh saat berlari.

2. Perhatikan jenis pakaian

Tak hanya alas kaki, pakaian juga perlu diperhatikan saat ingin melakukan joging. Pilih yang bahannya tipis serta mudah menyerap keringat. Jika menggunakan bukan yang seperti ini, keringat akan menumpuk pada tubuh. Kemudian, dapat menimbulkan bau tidak sedap dan berbagai penyakit kulit, seperti jamur.

Maka dari itu, gunakan pakaian yang sesuai agar jogging terasa nyaman. Tak lupa memilih bahan tipis yang tidak transparan, mengingat kamu akan melakukan aktivitas tersebut di luar rumah. Hindari juga berpakaian yang bisa memicu rasa gatal, agar kesehatan kulit tetap terjaga.

3. Gunakan tabir surya

Sudah disinggung sebelumnya, kebanyakan jogging dilakukan di pagi hari. Cahaya matahari pada waktu tersebut memang dikenal baik. Namun, tidak ada salahnya menggunakan tabir surya guna menjaga kecantikan dan kesehatan kulit.

Produk ini sudah tersebar di banyak daerah. Kamu bisa membelinya secara langsung atau melalui toko online. Pilih yang komposisinya cocok untuk jenis kulitmu. Hal ini dimaksudkan agar terhindar dari masalah kulit, seperti iritasi dan jerawat.

4. Beri waktu istirahat

Terakhir, kamu juga perlu memberi tubuh istirahat di sela-sela waktu joging. Jangan sampai, terlalu obsesi ingin memiliki berat badan ideal, membuatmu lupa untuk berhenti sejenak. Selain itu, napas juga butuh diatur agar tidak terjadi hal-hal yang kurang diinginkan.

Wajib kamu ingat bahwa tubuh tidak bisa dipaksa melakukan aktivitas di luar kemampuannya. Jika memang ia hanya ingin sampai di waktu sekian menit, beristirahatlah. Hindari bersikap egois dan sayangi dirimu agar tidak terlalu capek yang mungkin dapat berujung mengalami rasa sakit.

Itulah keempat tips yang bisa diterapkan saat jogging. Apakah dalam waktu dekat ini, kamu berencana melakukannya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak