alexametrics

3 Kelebihan dan Kekurangan Program Survival Bakat, Biasa Dipakai untuk Cari Idol K-Pop

Xandra Junia Indriasti
3 Kelebihan dan Kekurangan Program Survival Bakat, Biasa Dipakai untuk Cari Idol K-Pop
Logo Girls Planet 999 (soompi)

Girls Planet 999 merupakan satu acara survival milik Mnet yang sedang populer. Hampir semua situs berita dan media sosial membahas program ini. Terlebih di akhir bulan mendatang, sudah memasuki babak final dan kamu akan segera tahu peserta mana yang bisa debut sebagai idol K-Pop.

Sebelumnya, sudah banyak program survival yang dibentuk untuk menghasilkan grup K-Pop baru. Namun, nyatanya, acara ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu ketahui. Nah, berikut ini masing-masing tiga diantaranya.

Kelebihan

1. Meningkatkan Popularitas

Sudah menjadi rahasia umum, program survival memang dapat meningkatkan popularitas para pesertanya. Cukup banyak idol yang pernah debut tetapi kurang dikenal, karena tidak turut serta dalam acara ini. 

Mereka berharap ada progres yang berkembang seusai tergabung dis ana dan terbukti seperti halnya Nuest. Grup besutan Pledis Entertainment ini menuai kesuksesan dan popularitas tinggi setelah beberapa anggotanya mengikuti acara survival di tahun 2017.

2. Ajang Unjuk Bakat

Program survival akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk menunjukkan bakatnya. Selama ini, mungkin banyak trainee yang disembunyikan sebelum debut dan memicu keraguan warganet akan kemampuannya. Nah, dengan mengikuti acara tersebut, bisa dijadikan wadah untuk menampilkan apa yang selama ini tidak diketahui publik dan mengubahnya menjadi penuh rasa bangga.

3. Memperluas Relasi

Dengan mengikuti program survival, para peserta dapat memperluas relasi karena akan bertemu banyak orang baru. Belum lagi bisa saling tukar pikiran dan pengalaman, sehingga dapat menambah pengetahuan di bidang yang mungkin belum dikuasai.

Kelebihan ini juga dapat dirasakan oleh penonton yang mungkin memperoleh teman baru untuk bersama mendukung para peserta. Tak hanya itu, jika sama-sama cocok, kamu bahkan bisa melanjutkan pertemanan usai program tersebut berakhir. Seru, bukan?

Kekurangan

1. Kurang Transparan

Di tiap pengumuman eliminasi, berbagai program survival memang membagikan jumlah poin yang diterima peserta. Namun, selama prosesnya tidak bisa dilihat yang menimbulkan spekulasi bahwa acara seperti ini kurang transparan.

Penonton tidak tahu angka pasti sebelum pengumuman tersebut dan khawatir ada beberapa di antaranya yang dimanipulasi. Untuk itu, perhitungan langsung atau live count banyak diharapkan oleh pemirsa program survival agar lebih jelas asal-usul poin yang tertera di waktu eliminasi.

2. Tidak Bisa Berharap Lebih

Bagi kamu yang mulai senang dengan program survival, disarankan untuk tidak berharap lebih. Pasalnya, peserta pilihanmu belum tentu debut, meskipun sejak awal selalu berada di peringkat atas. Hal ini dikarenakan proses yang terus mengalami perubahan di tiap episodenya.

Banyak penonton acara ini yang kecewa bahkan lelah karena porsi debut yang minim, sedangkan jumlah peserta berbakat lebih dari itu. Oleh karenanya, jika kamu berencana mendukung mereka, jangan menaruh harapan lebih guna terhindar dari perasaan yang dialami kebanyakan warganet tersebut.

3. Screentime yang Sedikit

Screentime berarti waktu seseorang tampil di depan layar pada momen tertentu. Hal ini menjadi salah satu kekurangan program survival, karena banyak peserta yang jarang disorot. Akibatnya, mereka tidak mendapatkan dukungan penuh dari warganet dan rentan tereliminasi.

Memang kebanyakan acara tersebut seringkali memilih peserta populer untuk ditampilkan. Gunanya agar dapat meningkatkan rating. Mengingat, hal tersebut sangat penting demi keberlangsungan program tontonan, termasuk yang ditayangkan di televisi.

Namun, kurangnya screentime dari beberapa peserta membuat penonton kecewa. Seolah-olah keberadaan mereka tidak diharapkan dan sulit menarik perhatian publik. Padahal, belum tentu demikian, bukan?

Bagaimana menurutmu? Apakah kamu setuju dengan kelebihan dan kekurangan program survival bakat yang disebutkan diatas?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak