alexametrics

4 Jenis Kosmetik Mata dan Manfaatnya Ini Perlu Kamu Ketahui

Xandra Junia Indriasti
4 Jenis Kosmetik Mata dan Manfaatnya Ini Perlu Kamu Ketahui
Ilustrasi mengaplikasikan kosmetik pada mata. (pixabay)

Kosmetik diciptakan untuk merubah penampilan seseorang agar terlihat lebih baik. Tidak heran jika banyak orang, khususnya wanita, kecanduan menggunakan produk-produk ini. Pasalnya, dipercaya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Kosmetik sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya, untuk riasan mata. Kira-kira apa saja yang termasuk ke dalamnya? Nah, berikut ini 4 jenisnya.

1. Eyebrow

Eyebrow merupakan istilah atau sebutan lain untuk pensil alis. Jenis ini digunakan sebagai pembentuk alis agar tidak terlihat kosong. Mengingat banyak orang yang terlahir dengan bentuk tipis dan kurang teratur.

Eyebrow terdiri dari berbagai macam variasi. Selain berbentuk pensil, ada juga yang berupa spidol, jel, dan padat seperti bedak, nantinya diaplikasikan menggunakan kuas. Warnanya pun beragam, mulai dari hitam hingga yang mencolok. Biasanya dipakai sesuai warna rambut.

Untuk membentuk alis yang cantik, kamu bisa melihat tutorialnya di internet. Alternatif lain, coba gunakan alat cetak yang banyak terjual di pasaran.

2. Eyeshadow

Eyeshadow berfungsi memberikan ilusi agar mata terlihat lebih besar. Dengan warna yang beragam, jenis ini juga mempengaruhi penampilan seseorang. Riasan dapat menjadi sempurna jika kamu menggunakannya. Terlebih saat akan pergi ke sebuah acara formal, seperti pesta pernikahan, syukuran, dan ulang tahun.

Eyeshadow diaplikasikan pada kelopak mata. Mulai dari ujungnya saja atau secara keseluruhan menggunakan kuas. Jika tidak memilikinya, kamu bisa memakai jari dan oles perlahan hingga warna yang diinginkan dapat muncul. 

3. Maskara

Tidak ada kata eye pada namanya, namun maskara juga termasuk dalam kategori kosmetik mata. Jenis ini berfokus pada bulu mata agar terlihat panjang dan lentik. Ada pula yang mengklaim mampu mengisi volume, sehingga menjadi lebih tebal.

Dengan begitu, kamu tidak perlu memasang bulu mata palsu, yang mana bisa memberatkan dan memicu rasa lelah pada indera penglihatan. Apalagi jika hanya untuk riasan sehari-hari yang rentan dapat mengganggu aktivitas.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan maskara pada bulu mata. Hati-hati akan tintanya yang mungkin berceceran dan nantinya dapat merusak riasan bahkan bagian dalam mata.

4. Eyeliner 

Sesuai namanya, eyeliner digunakan untuk membentuk garis yang mampu membuat mata terlihat lebih besar. Biasanya  digambar pada area kelopak. Dulu, jenis ini hanya bisa diaplikasikan menggunakan kuas dan tinta. Namun, tidak sedikit yang mengeluh sulit karena mudah berceceran.

Oleh karena itu, berbagai perusahaan kosmetik mulai berinovasi merubah bentuk eyeliner menjadi yang lebih nyaman digunakan. Di antaranya menyerupai pensil dan spidol. Hasilnya diklaim akan rapih, termasuk bagi para pemula. 

Selain lebih mudah, eyeliner masa kini juga tersedia dalam banyak warna. Ada hitam, cokelat, putih, merah, biru, dan lain-lain. Jadi, bisa disesuaikan dengan outfit atau kosmetik lainnya agar lebih senada.

Nah, itulah keempat jenis kosmetik mata yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mempercantik tampilan. Apakah kamu punya semua produknya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak