alexametrics

Patut Dicoba! 4 Produk Perawatan Rambut Selain Sampo

Xandra Junia Indriasti
Patut Dicoba! 4 Produk Perawatan Rambut Selain Sampo
Ilustrasi Merawat Rambut (pixabay)

Selain kulit, rambut juga merupakan bagian tubuh yang perlu kamu rawat. Dengan menjaga kesehatan dan kecantikannya, tentu akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Namun, untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu tidak bisa jika hanya mengandalkan sampo saja.

Lalu, apa lagi yang harus dipakai? Nah, di bawah ini ada 4 produk perawatan rambut selain sampo yang bisa kamu gunakan.

1. Kondisioner

Ilustrasi Kondisioner (pixabay)
Ilustrasi Kondisioner (pixabay)

Tujuan dibuatnya kondisioner adalah agar rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur. Mengingat manfaat sampo yang kebanyakan hanya sebagai pembersih kotoran saja. Produk ini juga dapat meningkatkan volume, sehingga rentan dijauhi dari kondisi lepek serta tiap helainya tidak bergesekan saat disisir.

Pemakaian kondisioner yang sesuai jenis rambut mampu mengurangi ujung yang bercabang. Ditambah, akar rambut yang diperkuat guna mencegah terjadinya kerusakan rambut, seperti rontok parah atau ketombe. Perhatikan juga kandungan lainnya dalam produk yang bisa saja tidak cocok denganmu dan akan memicu iritasi pada kulit kepala.

Cara penggunaan kondisioner adalah mengoleskannya pada rambut dalam kondisi basah usai keramas dengan sampo. Kamu harus membaginya secara merata, karena jika terlalu menumpuk di akar dapat membuat kulit kepalamu gatal. Setelah didiamkan selama 10 menit, kamu bisa membilasnya dengan air.

2. Masker

Ilustrasi Masker Rambut (bukalapak)
Ilustrasi Masker Rambut (bukalapak)

Tak hanya wajah, rambut juga perlu masker untuk memaksimalkan fungsi sampo dan kondisioner. Beberapa di antaranya dapat meningkatkan kualitas rambut, melembapkan, melembutkan, serta menjaga kesehatannya dari kerusakan. Misal, karena cat rambut yang memungkinkan mengubah kondisinya menjadi lebih kering dan sulit diatur.

Masker juga dapat memberikan efek relaksasi, sehingga cocok digunakan bagi kamu yang sedang mengalami stres karena masalah kehidupan. Kulit kepala terasa dingin dan aroma wewangian yang segar mampu membuatmu tenang hingga menimbulkan hormon endorfin (bahagia).

Cara pemakaian masker bisa dibilang beragam tergantung merek yang kamu beli. Ada yang digunakan dalam kondisi rambut kering dan juga basah. Untuk itu, penting bagimu membaca arahan atau instruksi pada produk terkait.

3. Vitamin Serum

Ilustrasi Vitamin Serum Rambut (consumerlab)
Ilustrasi Vitamin Serum Rambut (consumerlab)

Sudah diketahui bahwa vitamin serum memiliki segudang nutrisi yang dapat menjaga kesehatan bagian tubuh manapun, termasuk rambut. Produk ini akan bekerja dalam memperkuat akar, melembapkan rambut agar tetap berkilau, serta memperbaiki berbagai kerusakan. Namun, kamu tetap perlu memilih yang sesuai dengan jenis rambutmu.

Vitamin serum tersedia dalam beberapa bentuk. Mulai dari tube, botol kaca dengan pipet, serta menyerupai kapsul. Biasanya dipakai saat rambut setengah kering usai keramas. Aromanya yang cenderung lembut, dapat membuat rambut terhindar dari bau tidak sedap.

4. Hair Spray

Ilustrasi Hair Spray (walmart)
Ilustrasi Hair Spray (walmart)

Terakhir, ada hair spray yang mungkin sebagian dari kamu sangka hanya dipakai untuk mempertahankan model rambut. Padahal, produk ini memiliki kandungan yang dapat melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari. Beberapa dampak yang disebabkan oleh UV ini adalah perubahan pigmen rambut menjadi merah oranye, kekeringan, serta mudah kusut.

Gunakan hair spray saat akan pergi ke luar rumah, tepatnya di waktu siang. Tak perlu keramas terlebih dahulu, kamu tetap bisa memakainya kapan saja, selama aktivitas yang akan dilakukan membuatmu harus bertemu dengan matahari.

Itulah keempat produk selain shampo yang bisa dipakai untuk merawat kesehatan rambut. Apakah kamu rutin menggunakan semuanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak