facebook

Nostalgia! 4 Program Musik Jadul Indonesia Terpopuler yang Banyak Digemari Anak Muda

Xandra Junia Indriasti
Nostalgia! 4 Program Musik Jadul Indonesia Terpopuler yang Banyak Digemari Anak Muda
Logo Planet Remaja (twitter/planet_remaja)

Membahas acara televisi jadul seolah tidak ada habisnya. Mengingat ratusan tontonan tersebut seringkali membuat banyak orang nostalgia. Salah satunya, dengan program musik lokal yang sempat populer pada awal tahun 2000-an. 

Kira-kira, apa saja, ya? Berikut ini 4 program musik jadul Indonesia terpopuler yang membekas di hati banyak orang.

1. MTV Ampuh

Program MTV Ampuh (facebook/Mtv Ampuh)
Program MTV Ampuh (facebook/Mtv Ampuh)

MTV Ampuh merupakan kependekan dari Ajang Musik Pribumi Dua Puluh. Mereka rutin merilis 20 peringkat teratas video musik hits. Penayangannya dimulai sejak tahun 1995 sampai 2001 pada saluran televisi lokal ANTV, yang kemudian dilanjutkan hingga 2007 di Global TV.

Acara ini merupakan program tangga musik lokal yang diproduksi oleh MTV Indonesia. Durasinya mencapai 60 menit tiap episode dan selalu ditayangkan pada hari Minggu. Tujuannya, untuk menemani akhir pekan para penonton, khususnya anak-anak muda dengan klip video lagu-lagu populer. 

MTV Ampuh dibawakan oleh para Video Jockey atau VJ ternama di masa tersebut. Beberapa di antaranya adalah Daniel Mananta, Sarah Sechan, Ben Kasyafani, Shanty, Nirina Zubir, dan Cathy Saron. Ada yang masih ingat?

2. Planet Remaja

Logo Planet Remaja (twitter/planet_remaja)
Logo Planet Remaja (twitter/planet_remaja)

"Peace, Love, and Gaul"

Bagi kamu anak 80-90an pasti banyak yang tidak asing dengan slogan tersebut. Ya, kalimat tersebut berasal dari acara Planet Remaja yang tayang di ANTV sejak April 1994 hingga sekitar tahun 2009. Program tersebut menemani masa muda dengan berbagai rubrik menarik, diantaranya musik, film, zodiak, dan hobi.

Mereka juga seringkali mengundang musisi ternama di era tersebut, seperti Agnes Monica, Peterpan, Samsons, dan lain-lain. Tidak lupa memberikan informasi terkini karena bertujuan untuk membangun motivasi para penonton agar lebih teredukasi dengan pengetahuan baru. Tepatnya bagi  yang masih berada di usia belia.

Planet Remaja hadir setiap hari Minggu pukul 12.00 siang dengan durasi mencapai sekitar satu jam. Acara ini dibawakan oleh banyak sosok populer di dunia hiburan. Namun, beberapa di antaranya ini paling membekas di hati penonton. Mereka adalah Dwi Andhika, Ayushita, dan Nagita Slavina.

3. Dahsyat

Program Musik Dahsyat (tabloid bintang)
Program Musik Dahsyat (tabloid bintang)

Program musik jadul populer ini dirilis oleh RCTI sejak 24 Maret 2008 sampai 2 Februari 2018. Keberadaannya masih ada hingga kini, namun berkali-kali berganti nama. Dengan kata lain, Dahsyat hanya bertahan selama 10 tahun. 

Dahsyat tayang setiap hari Senin - Rabu mulai pukul 08.15 dan biasanya berakhir setelah 90 menit. Acara ini perdana dibawakan oleh Raffi Ahmad, Luna Maya, dan mendiang Olga Syahputra. Isinya juga bisa dibilang berbeda dengan yang ada saat ini.

Dulu program Dahsyat hanya berfokus pada aktivitas musik. Mulai dari penampilan langsung para bintang tamu, memutar klip video, hingga merilis tangga musik lokal. Banyak penonton yang rindu dengan seluruh segmen seperti ini. Apakah kamu juga demikian?

4. Inbox

Logo Inbox (twitter/InboxSCTV_)
Logo Inbox (twitter/InboxSCTV_)

Inbox bisa dibilang rival Dahsyat pada masa itu. Namun, lebih dulu dirilis pada 3 Desember 2007. Akhir program ini berada di angka 1.259 episode pada tanggal 8 September 2011. Biasa tayang melalui saluran SCTV, setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 09.00 pagi.

Inbox juga cenderung fokus dengan kegiatan musik, tetappi diberi sedikit bumbu berbeda, yaitu menampilkan berbagai tantangan untuk para bintang tamu. Misal, mencicipi masakan atau mengikuti sebuah permainan. Acara ini perdana dibawakan oleh Gading Marten, Astrid Tiar, dan Andhika Pratama.

Itulah berbagai acara musik jadul Indonesia yang sempat populer di masanya sekitar awal tahun 2000-an. Apakah kamu termasuk penonton setia keempatnya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak