alexametrics

Sering Terlewat, Ini 5 Macam Perawatan Diri yang Tak Kalah Penting

Dea Nabila Putri
Sering Terlewat, Ini 5 Macam Perawatan Diri yang Tak Kalah Penting
Ilustrasi seseorang yang melakukan perawatan diri (Shutterstock)

Tuntutan pekerjaan, sekolah, ataupun kegiatan di rumah membuat kita sering kali lupa untuk merawat diri. Padahal, perawatan diri adalah salah satu bentuk menghargai dan mencintai diri sendiri.

Seiring dengan perkembangan jaman, banyak perusahaan produk kecantikan yang menawarkan bermacam produk perawatan diri yang bisa kita lakukan sendiri di rumah seperti masker wajah, bodylotion, dan jenis lainnya. Hal ini membuat kita memiliki banyak pilihan produk yang bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Namun, dari sekian banyaknya produk perawatan yang ditawarkan, lima perawatan diri ini justrus kerap dilewatkan. Padahal, tidak kalah penting dan ada yang bisa dibuat sendiri di rumah, lho. Mau tahu apa saja? Simak di bawah, yuk!

1. Scrub Bibir

Walaupun bibir adalah bagian yang cukup kecil di tubuh, tapi kesehatannya harus tetap terjaga. Sering mengalami bibir pecah-pecah atau bibir kering? Scrub bibir adalah salah satu solusi untuk menanggulangi masalah tersebut. Scrub bibir memiliki fungsi yang sama dengan scrub badan, yaitu membersihkan sel kulit mati yang berada di area tersebut.

Scrub bibir biasanya terbuat dari bahan yang lebih alami, seperti gula. Selain manis, tekstur gula yang cukup padat jika bersentuhan dengan kulit bibir membuat gula sangat cocok untuk digunakan sebagai scrub bibir dan mampu untuk membersihkan sel kulit mati di bibir yang kering.

Scrub bibir dari gula juga bisa kita buat sendiri di rumah dengan ditambah bahan alami lainnya, seperti madu agar tekstur gula menjadi lebih lembut dan tidak melukai bibir. Beberapa produk kecantikan juga mengeluarkan berbagai jenis scrub bibir yang bisa kamu beli langsung di toko.

2. Scalling (Pembersihan Karang Gigi)

Sering merasa bau mulut, atau makanan yang dikonsumsi sering nyangkut di sela-sela gigi? Tentu saja kamu bisa memilih scalling sebagai solusinya. Scalling atau dalam bahasa Indonesia berarti pembersihan karang gigi adalah solusi efektif dalam mencegah bau mulut dan membersihkan area mulut yang tak terjangkau oleh sikat gigi.

Sisa-sisa makanan yang tersangkut di antara gigi dan gusi membuat enzim di dalam mulut membentuk karang gigi dan sering menyebabkan bau mulut. Dengan scalling, bagian tak terjangkau bisa dibersihkan dari kotoran yang menumpuk dan membuat gigi kita bersih dan bau mulut juga bisa berkurang.

Scalling sebaiknya dilakukan setidaknya satu kali dalam 6 bulan atau sesuai anjuran dokter gigi. Scalling juga harus ditangani oleh tenaga ahli seperti dokter gigi atau perawat ahli gigi agar pembersihan dapat sesuai prosedur kesehatan. 

3. Meni Pedi

Kesehatan kuku tangan dan kaki juga harus kita perhatikan. Pasalnya, banyak orang yang sering melewatkan perawatan ini karena dianggap tidak penting. Padahal, kuku yang tidak sehat juga menunjukkan keadaan tubuh yang kurang beberapa zat pendukung seperti kalsium.

Meskipun terlihat sepele, tapi menjaga kuku dari berbagai macam penyakit seperti jamur atau kerapuhan kuku adalah hal yang cukup penting. Kamu bisa melakukan meni pedi dengan alat meni pedi sendiri di rumah. Banyak juga salon atau klinik kecantikan yang menyediakan layanan meni pedi dengan harga terjangkau. 

4. Ear Candle

Tak hanya kuku, bagian tubuh ini juga perlu diperhatikan oleh kita, salah satunya telinga. Kebersihan telinga juga cukup penting untuk diperhatikan. Ear candle adalah salah satu perawatan telinga yang bisa kamu pilih. Perawatan ear candle ini sebaiknya dilakukan oleh terapis khusus yang sudah ahli di bidangnya.

Ear candle ini bisa mengurangi penumpukan kotoran di dalam telinga, sehingga kamu tidak perlu bersusah payah menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga. Selain itu, ear candle juga bisa mengurangi resiko gangguan pendengaran serta penyakit yang berasal dari telinga. Proses perawatan ear candle ini juga tidak terlalu lama, tapi tetap efektif dalam menangani masalah-masalah tersebut. 

5. Waxing

Kamu sering merasa tidak nyaman dengan bulu yang ada di sekitar tubuhmu? Waxing juga menjadi solusi perawatan diri untuk kamu yang kurang nyaman dengan bulu-bulu yang tumbuh di tubuhmu. Biasanya, waxing dapat dilakukan di berbagai spot tubuh seperti ketiak, betis, atau tangan. Untuk wanita, waxing juga bisa dilakukan di area kewanitaan untuk mengurangi jumlah bulu di sekitarnya.

Tentu saja, waxing tidak bisa dilakukan sembarangan karena harus ditangani oleh terapis yang ahli di bidang waxing. Walau beberapa produk menyediakan waxing gel atau waxing kit untuk bisa dipakai sendiri, tapi kita harus berhati-hati untuk menggunakannya agar tidak melukai kulit kita saat proses waxing.

Kalau kamu memutuskan untuk melakukannya sendiri, pastikan kamu baca dengan baik cara penggunannya di kertas petunjuk penggunaan produk waxing tersebut.

Itu dia 5 jenis perawatan yang sering kali terlewat padahal tak kalah penting. Perawatan diri juga harus dilakukan sesegera mungkin karena manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. Tertarik untuk mulai merawat diri? Yuk, jadikan prioritas sebagai self-love!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak