alexametrics

6 Tips Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin, Pemicu Rasa Bahagia

Xandra Junia Indriasti
6 Tips Meningkatkan Produksi Hormon Endorfin, Pemicu Rasa Bahagia
Ilustrasi seseorang yang bahagia (pixabay)

Pernahkah kamu mendengar kata endorfin? Istilah ini merupakan sebuah hormon yang dapat memicu kebahagiaan. Seringkali diharapkan untuk keluar saat suasana hati sedang buruk, capek, atau bahkan mengalami sakit mental.

Lalu, bagaimana melakukannya? Sehatq dan alodokter merangkum 6 tips untuk meningkatkan produksi hormon endorfin sebagai pemicu rasa bahagia. Berikut 6 tipsnya.

1. Olahraga

Olahraga menjadi salah satu cara terbaik untuk mengurangi berbagai gangguan kesehatan mental, seperti stres hingga depresi. Hormon endorfin akan dilepas usai kamu melakukan aktivitas tersebut, sehingga merasa lebih bahagia dan tenang.

Cobalah untuk berolahraga secara rutin. Beberapa contoh, bersepeda, lari, atau berenang. Namun, jangan sampai melakukannya lebih dari kemampuan fisik-mu.

Jika terlalu memaksakan, justru rasa sakit yang akan diperoleh, bukan kesenangan.

2. Mandi Air Hangat

Selanjutnya, meningkatkan hormon endorfin dapat dilakukan dengan mandi air hangat. Sudah diketahui secara umum bahwa suhu tersebut mampu merelaksasi otot yang tegang.

Selain itu, pikiran juga menjadi lebih tenang, sehingga kebahagiaan bisa ditingkatkan setelahnya. Manfaat lain dari mandi menggunakan air hangat adalah menghindarimu dari beragam penyakit, seperti jantung.

3. Hirup Aromaterapi

Keharuman dari aromaterapi nyatanya telah diuji mampu menenangkan tubuh dan pikiran. Kondisi seperti ini tentu dapat meningkatkan hormon endorfin, sehingga kamu merasa lebih bahagia.

Beragam wewangian yang direkomendasikan untuk relaksasi adalah lavender, rosemary, mawar, jeruk, melati, kayu cendana, dan chamomile. Tak hanya memperbaiki mood, semua aroma ini disebut dapat menambah kualitas tidur.

4. Melakukan Hobi

Makna hobi berarti sesuatu yang kamu sukai dan tentu saat melakukannya akan memicu rasa bahagia. Maka, sempatkan diri menikmati waktu luang dengan hal tersebut. Beberapa contoh di antaranya, menonton film, mendengarkan musik, dan membuat kerajinan.

5. Konsumsi Cokelat

Rasa manis dipercaya mampu melepas hormon endorfin, sehingga begitu mengonsumsinya, kamu otomatis merasa bahagia. Satu contoh, cobalah menyantap cokelat hitam yang juga memiliki antioksidan.

Kandungan tersebut baik bagi tubuh dalam melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit. Tak hanya itu, cokelat hitam juga seringkali dikonsumsi oleh para pelaku diet, karena kadar lemak jahat-nya yang tidak terlalu tinggi.

6. Berbincang dengan Orang Terdekat

Kebanyakan orang terdekat seperti sahabat, memiliki selera humor yang sama denganmu. Oleh karena itu, saat bertemu dengannya dan membahas sesuatu seringkali memicu tawa. 

Hal tersebut dapat meningkatkan hormon endorfin. Pasalnya, tertawa bisa dijadikan terapi untuk melepas stres atau suasana hati yang buruk.

Contoh lain, cobalah berbincang atau pergi bersama kekasih yang juga mampu membuatmu senang.

Itulah 6 tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan produksi hormon endorfin dan membuatmu merasa lebih bahagia.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak