alexametrics

Spotify Wrapped 2021 dan Fitur Andalan Baru

Novan Harya Salaka
Spotify Wrapped  2021 dan Fitur Andalan Baru
Spotify Wrapped 2021 (Spotify)

Spotify, melalui Spotify for Artist telah meluncurkan microsite Artist Spotify Wrapped 2021 yang memperlihatkan kepada para artis (secara visual) bagaimana performa musik mereka di kanal streaming ini dalam setahun terakhir, di samping mendorong penjualan merchandise para artis melalui Spotify.

Mengutip dari Billboard, sehubungan dengan diumumkannya kerjasama antara Spotify dengan perusahaan e-commerce Shopify, halaman merchandise artis untuk pertama kalinya akan diintegrasikan dengan strategi Spotify Wrapped.

Selama beberapa minggu ke depan, para pendengar Spotify akan dikirimi email berupa tautan menuju halaman merchandise  “top artist” yang tercantum dalam Wrapped masing-masing akun.

Untuk dapat bergabung, tiap-tiap artis harus menghubungkan halaman merchandise Shopify mereka ke Spotify dan memasukkan setidaknya satu produknya sebelum tanggal 2 Desember 2021. Bila ada lebih dari satu produk, maka produk pertama yang dimasukkan artislah yang akan dikirim ke email penggemar.

Untuk artis Spotify yang tidak memiliki Shopify, kanal merchandise menyediakan free-trial selama 90 hari. Sementara itu, perusahaan percetakan, Printful, menawarkan diskon 30% untuk 2 pembelian pertama merchandise artis.

Microsite ini adalah sebuah laman tempat para artis dapat melihat metriks Spotify untuk musik mereka, termasuk total waktu streaming, kenaikan followers, total jumlah pendengar, stream dan masukan playlist, jumlah total pendengar teratas, dan jumlah total penggemar yang membagikan profil, lagu, maupun album.

Selain itu, mereka juga dapat melihat perjalanan trek terbaik mereka tahun ini, termasuk berapa banyak ia diputar, hari apa sebuah lagu paling banyak diputar dalam waktu bersamaan, dan sebagainya.

Tahun ini, Artist Wrapped memiliki tambahan fitur andalan. Di antaranya adalah Audio Aurora yang dideskripsikan sebagai visualisasi atas sebuah lagu berdasarkan mood, genre, dan bunyi yang diasosiasikan dengan musik para artis. Lalu ada Throwback Track, yang menyorot trek katalog teratas artis. Untuk pertama kalinya, para artis dapat melihat semua kolaborator mereka selama tahun ini.

Para artis juga dapat mengunduh dan membagikan statistik Spotify mereka dalam bentuk “share cards” ke sosial media. Share cards kali ini dapat diterjemahkan ke dalam 31 bahasa. Para artis pun dapat memilih untuk mengunduhnya dalam beberapa bahasa berbeda sekaligus untuk menyampaikan pesan kepada penggemarnya di seluruh dunia.

Semenjak meluncurkan Artist Wrapped pada 2017, Spotify melaporkan kenaikan pengguna aktif bulanan Spotify for Artist selama periode Artist Wrapped meningkat sebanyak 670% hingga 2020. Dalam rentang waktu yang sama, jumlah traffic untuk Spotify for Artist, di hari peluncurannya meningkat 933%. Selain itu, jumlah kunjungan untuk microsite meningkat 1.381% antara 2017 sampai 2020, di samping itu jumlah share di sosial media juga meningkat sebesar 258% sejak 2018.

Untuk dapat mengakses Artist Wrapped, artis dapat login ke akun Spotify mereka via ponsel atau PC dan mengklik “Your 2021 Wrapped”. Artis yang tidak memiliki akun Spotify for Artist dapat mendaftar sendiri atau melalui distributor mereka. Setelah mendaftar, Wrapped microsite akan tersedia bila artis sudah memiliki setidaknya 3 pendengar sebelum 31 Oktober 2021.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak