facebook

5 Tips Memilih Sepatu Olahraga agar Nyaman Dipakai

Xandra Junia Indriasti
5 Tips Memilih Sepatu Olahraga agar Nyaman Dipakai
Ilustrasi memilih sepatu olahraga (pixabay)

Olahraga adalah aktivitas wajib yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan kekuatan tubuh. Saat melakukan beberapa jenisnya, kamu membutuhkan sepatu agar kaki tetap terlindungi.

Sebelum membeli sepatu olahraga, kamu perlu tahu beberapa tips dalam memilihnya guna terasa nyaman saat digunakan. Nah, berikut ini 5 tips memilih sepatu olahraga, seperti dirangkum dari weplus, hellosehat, dan sehatq.

1. Sesuaikan dengan Jenis Olahraga

Sepatu olahraga terbagi menjadi beberapa kelompok termasuk jenis olahraganya. Ada yang khusus lari, basket, sepak bola, aerobik, dan lain-lain. Usahakan untuk menyesuaikan hal tersebut agar tidak cedera.

Pasalnya, beragam bran memproduksi sepatu sesuai jenis olahraganya tentu tidak sembarangan. Mereka memilih bahan dan teknik pembuatan yang sudah diuji akan aman dipakai.

2. Jangan Terlalu Pas Kaki

Selanjutnya, pilih sepatu dengan ukuran yang tidak terlalu pas dengan kaki. Pemilihan seperti ini dapat memaksimalkan pergerakan jari sehingga membuatmu nyaman saat memakainya.

Disarankan membeli sepatu di malam hari, karena menurut para ahli, waktu tersebut menunjukkan ukuran yang pas. Tepatnya setelah melakukan aktivitas harian atau olahraga.

3. Tentukan Kenyamanan

Banyak opini mengatakan bahwa kenyamanan sepatu akan muncul setelah beberapa kali pemakaian. Pernyataan ini tidak bisa sepenuhnya dibenarkan. Mengapa?

Pasalnya, nyaman atau tidaknya sepatu ditentukan sejak awal pembelian. Tepatnya, ketika kamu mencobanya di toko. Jika saat itu sudah terasa mengganggu dan kurang pas, segera cari produk lain untuk dibeli.

4. Perhatikan Harga dan Brand

Produk dengan harga minim memang menggiurkan, karena dapat menghemat pengeluaran. Namun, kamu perlu perhatikan kualitasnya. Sepatu olahraga merupakan salah satu barang yang pemakaiannya dituntut untuk jangka panjang. 

Oleh karena itu, wajib mementingkan kualitas agar tetap awet hingga bertahun-tahun lamanya. Pilih sepatu dengan brand ternama dan harga yang menjamin mutunya.

Jangan tergoda oleh produk murah, tapi nyatanya bisa cepat rusak dan justru membuatmu lebih boros.

5. Pakai Kaos Kaki saat Mencoba

Sepatu sudah terasa pas dan cocok saat kamu mencobanya di toko. Namun, hal ini menjadi masalah begitu sampai di rumah, terlebih jika menggunakannya dilengkapi oleh kaos kaki. Pergerakan jari menjadi sulit karena ruang yang terlalu sempit.

Untuk itu, disarankan bagimu agar memakai kaos kaki saat akan mencoba sepatu baru. Pasalnya, ukuran kaki dengan atau tanpa kelengkapan tersebut bisa berbeda. Cara ini akan menghindarimu dari rasa kurang nyaman dalam berolahraga.

Itulah kelima tips memilih sepatu olahraga agar terasa aman dan nyaman. Apakah kamu berencana akan membelinya dalam waktu dekat ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak