facebook

4 Alasan Tidak Balikan Setelah Diselingkuhi, Jangan Sampai Menyesal!

Xandra Junia Indriasti
4 Alasan Tidak Balikan Setelah Diselingkuhi, Jangan Sampai Menyesal!
Ilustrasi selingkuh (freepik).

Hubungan percintaan memang terasa indah. Namun, semuanya bisa sirna ketika ada perselingkuhan di dalamnya. Terlalu sayang membuat seseorang rela kembali mengulang kisah bersama pasangan, meskipun sudah dikhianati berkali-kali.

Padahal, kembali menjalani hubungan usai diselingkuhi sangat tidak dianjurkan. Mengapa demikian? Nah, berikut ini 4 alasan jangan balikan setelah diselingkuhi, supaya tidak menyesal.

1. Risiko Kembali Diselingkuhi

Sebuah pepatah mengatakan bahwa seseorang yang pernah berselingkuh akan kembali melakukan hal tersebut di kemudian hari.

Pasalnya, kebanyakan dari mereka adalah tipe yang mudah bosan. Jadi, saat hubungan dirasa tidak ada perubahan, ia akan mencari orang baru.

Jika sudah seperti ini, kamu lagi yang akan dirugikan. Cintai diri sendiri dengan mengesampingkan ego seperti menolak untuk kembali menjalin hubungan asmara dengan mantan kekasih. Khususnya yang sudah pernah mengkhianati dan menyelingkuhimu.

2. Menjadi Canggung

Saat terjadi perselingkuhan, pasti ada keributan antara kamu dan pasangan. Oleh karenanya, jika kembali menjalin hubungan, akan terasa canggung satu sama lain.

Romantisme bahkan bisa berkurang dan lebih sering diisi oleh cekcok. Intinya, situasi hubungan takkan lagi sama seperti sebelumnya.

3. Kecemasan Berlebih

Diselingkuhi nyatanya dapat memperburuk suasana hati dan mengakibatkan gangguan kesehatan mental, seperti anxiety. Jenis ini membuat penderitanya mengalami kecemasan berlebih hingga mengganggu aktivitas serta menghambat pekerjaan.

Jika kembali menjalin hubungan usai diselingkuhi, kamu akan dihantui rasa cemas, khawatir, dan gelisah, hingga terus memicu pikiran negatif terhadap pasangan. Hal tersebut sangat wajar karena harapan yang tidak ingin lagi disakiti.

Namun, mengulang kisah yang renggang karena perselingkuhan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Perubahan sikapmu yang menjadi lebih protektif juga akan membuatnya terganggu. Jadi, hubungan asmara terlihat seperti kurang kondusif.

4. Mengalami Trust Issue

Trust issue adalah kondisi di mana seseorang tak lagi bisa mempercayai orang lain. Salah satu penyebabnya yakni diselingkuhi atau dikhianati.

Mengalami situasi seperti ini tentu menimbulkan kerugian bagimu. Sebab, akan sulit mengembangkan relasi maupun memperluas koneksi.

Jika sudah terlalu parah, trust issue dapat membuatmu takut untuk berkenalan bahkan sekadar bertemu dengan orang baru.

Kamu akan cenderung menyamaratakan semuanya dengan sang mantan, meskipun belum mengetahui mereka secara mendalam. Pasalnya, pada waktu ini kamu terbayang-bayang dengan peristiwa buruk di masa lalu.

Itulah keempat alasan mengapa kamu tidak disarankan untuk kembali menjalin hubungan asmara seusai diselingkuhi. Lebih baik mencari dan memulai kisah baru bersama orang lain, namun tak lupa beri jeda waktu sampai dirimu merasa siap.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak