alexametrics

4 Manfaat Journaling, Tren Menulis Estetik yang Dapat Mencegah Stres

Dea Nabila Putri
4 Manfaat Journaling, Tren Menulis Estetik yang Dapat Mencegah Stres
Ilustrasi seseorang sedang membuat jurnal (Pixabay.com/Stocksnap)

Bagi sebagian orang, menulis pengingat di buku catatan adalah salah satu cara agar kita mudah mengingat apa yang akan kita lakukan nantinya. Bukan hanya itu, menulis juga membuat kita lebih aktif dan dapat menuangkan ide lewat tulisan. Ternyata, banyak cara yang dapat kita lakukan dalam menulis agar tidak membosankan atau anti-mainstream. Salah satunya adalah tren journaling.

Journaling sendiri awalnya adalah kegiatan menulis atau menggambar sesuatu untuk menuangkan ide dan pikiran kita sehingga kita lebih rileks. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa journaling juga bisa mencegah dan mengurangi stres. Journaling ternyata menjadi salah satu tren yang digandrungi khususnya anak muda di tahun 2021.

Di dalam jurnal yang kita tulis, kita bukan hanya menulis apa yang akan kita lakukan, tapi juga afirmasi positif serta harapan kita dalam kehidupan. Berikut 4 manfaat journaling yang bisa berpengaruh ke kehidupan sehari-hari.

1.  Membuat kita lebih kreatif

Journaling akan membuat kita lebih kreatif dengan mendekor buku yang akan kita tulis. Jenis buku yang digunakan juga bebas, mulai dari buku tulis, sketch book, atau sekadar buku catatan kecil yang sering kita dapatkan dari acara-acara seminar pun bisa. Beberapa toko pun ada yang menjual buku yang sudah memiliki fitur per bagian-bagian, sehingga kita tinggal menuliskan saja di jurnal.

Jenis-jenis dekorasi jurnal juga bermacam-macam, ada stiker, foto, koran bekas, post it, kertas dekor, atau quote dictionary juga bisa digunakan sebagai dekorasi. Beberapa penjual juga menjual dekorasi jurnal yang lebih proper. Buku jurnal yang kita tulis pun menjadi lebih estetik sehingga membuat journaling lebih menyenangkan.

2. Baik untuk kesehatan jiwa

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa journaling juga bisa mencegah dan mengurangi stress karena di tulisan itulah kita bisa meluapkan semua emosi yang kita rasakan tanpa merasa dihakimi oleh orang lain dengan cara yang positif. Journaling juga dapat merilis hormon oksitosin sehingga kita lebih bahagia menjalani hari-hari kita.

3. Mendaur ulang sampah

Banyak orang yang mendaur ulang jurnal sebelumnya yang sudah penuh agar lebih hemat dan efisien dan jurnal sebelumnya tidak berakhir menjadi sampah. Kita juga dapat memilih bagian jurnal mana yang bisa kita daur ulang dan menjadi dekorasi jurnal terbaru kita. Tentu saja, hal itu juga membuat kreativitas kita terasah.

4. Menjadi kenang-kenangan

Journaling juga memiliki macam-macam jenisnya, seperti jurnal kehamilan, jurnal perkembangan anak, jurnal perkembangan skill, dan lain-lain. Journaling bukan hanya sebagai media kita untuk meluangkan ide dan pemikiran, tapi juga bisa menjadi kenang-kenangan di masa depan, agar kita sadar begitu banyak hal yang telah kita lewati dan dapat terus merefleksikan diri dari waktu ke waktu.

Itulah 4 manfaat journaling, tren menulis estetik nan ciamik. Journaling terasa sangat menyenangkan jika kita hiasi dengan ornamen-ornamen sesuai keinginan kita. Walau, hal tersebut bukan hal yang wajib. Karena pada dasarnya, esensi journaling adalah menulis bukan menghias. Jadi walau kita tidak memiliki jiwa seni, bukan alasan untuk tidak memulai journaling. Bagaimana? Sudah siap untuk memulai journaling?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak