facebook

5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Orang Tua, dari Jalan Kaki hingga Yoga

Xandra Junia Indriasti
5 Jenis Olahraga yang Cocok untuk Orang Tua, dari Jalan Kaki hingga Yoga
Ilustrasi Orang Tua Berjalan Kaki (pixabay)

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang termasuk pola hidup sehat. Kamu bahkan tetap perlu melakukannya hingga usia senja agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Nah berikut ini, alodokter dan halodoc melansir 5 jenis olahraga yang disebut paling cocok dilakukan oleh para orang tua.

1. Jalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga yang bisa dilakukan di mana saja. Terlihat sederhana, namun bagi kebanyakan orang tua akan terasa sangat melelahkan karena mampu menguras tenaga dan kalori.

Usahakan berjalan kaki secara rutin dan jika mampu cobalah meningkatkan intensitas dengan memilih jalur yang menanjak atau menurun. 

Misal, di area pegunungan atau bukit yang bisa sekaligus merelaksasi. Hal ini nyatanya berguna untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah agar dapat mengalir lebih lancar.

2. Bersepeda

Tren bersepeda saat ini juga diikuti oleh para orang tua. Namun, tidak disarankan untuk terlalu memaksakan diri. Terlebih agar terlihat keren dan lebih unggul dari yang lainnya.

Lakukan olahraga ini semata-mata demi kesehatan saja, karena memang manfaatnya yang baik bagi tubuh. Mulai dari memperkuat tulang dan sendi, hingga memelihara kesehatan jantung.

Guna mencegah terjadinya cedera, pastikan memiliki perlengkapan bersepeda, seperti helm. Tidak lupa perhatikan postur tubuh agar tidak mengalami masalah tersebut.

3. Berenang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang cocok bagi orang tua. Pasalnya, dapat melibatkan seluruh bagian tubuh yang memberi dampak baik untuk kesehatan mereka.

Beberapa diantaranya adalah mengatasi radang sendi dan memperkuat kinerja jantung dengan latihan pernapasan yang dilakukan saat berenang.

4. Tai Chi

Tai Chi masuk ke dalam jenis senam, namun ritme dan gerakannya lebih lambat. Jadi, sangat cocok untuk para orang tua. Manfaatnya sendiri yakni meningkatkan keseimbangan, kekuatan, serta kelenturan tubuh.

5. Yoga

Terakhir, para orang tua bisa memilih yoga sebagai rutinitas fisiknya. Olahraga ini bertujuan untuk melatih pernapasan serta pikiran agar dapat fokus.

Selain itu, yoga juga disebut baik bagi kesehatan mental orang tua. Dengan begitu, akan mengurangi risiko stres hingga depresi yang bisa saja datang.

Itulah kelima olahraga yang paling direkomendasikan untuk orang tua. Adakah salah satunya yang menjadi favoritmu dan akan rutin melakukannya di masa mendatang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak