facebook

5 Tips Menjalani LDR agar Tetap Langgeng dan Harmonis, Dijamin Ampuh!

Anni Sasa
5 Tips Menjalani LDR agar Tetap Langgeng dan Harmonis, Dijamin Ampuh!
Ilustrasi dua orang bergandengan tangan (unsplash/theHKphotocompany)

Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh tak jarang menjadi salah satu alasan perpisahan bagi beberapa pasangan. Meskipun tak sedikit yang berhasil mempertahankan hubungan hingga ke jenjang yang lebih serius, tapi LDR masih menjadi momok menakutkan bagi sebagian pasangan lain. 

Namun, perkembangan teknologi yang semakin maju  tentu saja dapat membawa hal positif bagi pasangan LDR. Jarak yang terpisah bukan lagi menjadi hambatan untuk berkomunikasi demi hubungan yang sudah terjalin. Komunikasi dapat dilakukan menelepon, mengirim pesan, atau video call. 

Bagi kalian pejuang LDR, berikut ini 5 tips agar hubungan kamu dengannya langgeng dan awet.

1. Jalin komunikasi yang baik

Menjalin komunikasi secara rutin dan baik dapat menjaga kualitas hubungan tetap harmonis. Sesibuk apapun kita, meluangkan waktu untuk menghubungi pasangan tidak boleh terlewatkan. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang, seperti saat sebelum tidur, saat istirahat, waktu libur atau waktu yang sudah disepakati dengan pasangan.

2. Saling menjaga kepercayaan

Salah satu masalah terbesar yang sering dialami pasangan LDR adalah kepercayaan. Kepercayaan menjadi kunci terpenting agar hubungan jarak jauh tetap lancar terjalin. Menumbuhkan rasa percaya pada pasangan dapat dilakukan dengan rutin saling bertukar kabar tentang keadaan atau hal-hal kecil yang dialami. 

3. Hindari perdebatan karena hal kecil

Alur komunikasi yang buruk dan tidak lancar menjadi salah satu alasan pertengkaran dalam sebuah hubungan. Maka dari itu, tips LDR yang lain adalah menghindari perdebatan karena hal-hal kecil. Berusahalan mengerti masalah satu sama lain dan jangan memperbesar masalah kecil. 

4. Atur jadwal bertemu

Obat kangen paling manjur dari hubungan LDR adalah sebuah pertemuan. Aturlah jadwal bertemu dengan pasangan, misal saat salah satu dari kalian libur atau ada waktu luang meski singkat. Atau bisa juga merencanakan untuk bertemu di tempat terdekat. Dengan begini rasa rindu dengan pasangan dapat terobati, sehingga hubungan jarak jauh tetap awet. 

5. Jangan terlalu bawa perasaan 

Tips terakhir agar hubungan LDR tetap langgeng dan harmonis, adalah mencoba untuk tidak terlalu terbawa perasaan pada hal-hal kecil. Misal saat si dia lebih mengutamakan kepentingannya dan membatalkan janji denganmu, jangan anggap ini sebagai masalah yang besar.

Hal-hal tersebut bisa saja menjadi hambatan kecil dalam hubungan jarak jauh yang kamu jalani. Selain itu, baper (terbawa perasaan) juga dapat menyebabkan overthinking dan sering kali curiga dengan pasangan. Hal ini dapat berdampak buruk bagi hubungan LDR kamu.

Itulah lima tips menjalani LDR agar tetap langgeng dan harmonis. Semoga membantu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak