facebook

5 Tips Manajemen Waktu, Buat Kerja Lebih Efektif dan Teratur

Jessie YiCha
5 Tips Manajemen Waktu, Buat Kerja Lebih Efektif dan Teratur
Ilustrasi Manajemen Waktu (Unsplash/freestocks).

Kemampuan manajemen waktu adalah hal yang sangat diperlukan oleh semua orang. Karena tanpa kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu akan sulit mempertahankan produktivitas dan menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. Terkadang pekerjaan dan tugas datang beruntun, deadline berkejaran, dan rasanya kamu tidak memiliki waktu untuk tidur lagi. Apalagi jika pekerjaan ini harus dikerjakan dalam tim dan kamu terikat pula dengan jadwal orang lain. 

Saat berada di bangku kuliah maupun di dunia kerja, kamu harus memanajemen waktu dengan baik supaya bisa menyelesaikan tugas dan tidak membebani rekan sekelompok. Time management memang membutuhkan komitmen yang tinggi dan tidak semua orang terbiasa menjalaninya. Namun, 5 tips praktis ini bisa membantumu mengatur waktu dengan baik, loh. 

Membuat To Do List dan Daily Goals

Membuat to do list adalah hal yang harus kamu lakukan untuk mencapai time management hingga efektif. Buatlah list mengenai hal-hal yang harus dikerjakan saat pagi hari atau malam hari sebelumnya. Tetapkan juga daily goals atau tujuan harian yang ingin dicapai dalam satu hari supaya kegiatanmu terarah dan produktif. 

Memasang Alarm Rutin

Rutinitas membuatmu semakin teratur dan terbiasa dengan siklus kehidupan tertentu. Memasang alarm bisa membantumu merealisasikan to do list secara tepat waktu. Dengan begini, kamu akan terus terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum alarm selanjutnya berbunyi. 

Hindari Multitasking

Multitasking akan membuatmu cepat merasa burnout dan stress dengan segala tugas yang ada. Hasil pekerjaan juga tidak akan maksimal karena perhatianmu terpecah ke dua hal. Sebaiknya prioritaskan hal-hal penting dan delegasikan tugas ke rekan lain supaya kamu tidak menanggung terlalu banyak beban kerja. 

Jauhi Distraksi

Distraksi atau gangguan akan sangat menghambatmu dalam mencapai tujuan harian. Waktumu jadi akan banyak terbuang karena perhatian terlalu sering teralih ke hal-hal lain. Oleh karena itu, jauhkan distraksi, seperti handphone, TV, dan radio. Sebaiknya kamu memilih tempat yang privasi dan tenang, seperti kamar pribadi atau ruang kerja. 

Pola Hidup Teratur dan Jaga Kesehatan

Pada akhirnya, kesehatan adalah hal terpenting yang harus kamu jaga supaya bisa tetap produktif. Jika kamu memiliki banyak tugas yang harus dikerjakan tetapi kondisi tubuh tidak mendukung, maka aktivitas pun akan terhambat. Jadi, selain menetapkan goals harian yang jelas, kamu juga perlu mengatur waktu makan dan tidur yang teratur supaya tetap sehat. 

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatur waktu supaya lebih efektif dan efisien. Pastikan kamu juga menjaga work-life balance supaya tetap bisa menikmati sisi-sisi positif dari hidup di sela-sela produktivitas. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak