facebook

Mengatasi Jerawat dengan Produk Perawatan Kulit yang Memiliki 5 Kandungan Ini!

Xandra Junia Indriasti
Mengatasi Jerawat dengan Produk Perawatan Kulit yang Memiliki 5 Kandungan Ini!
Ilustrasi Kulit Berjerawat (freepik)

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang sering membuat seseorang tidak percaya diri. Terlebih jika sudah meradang, di mana terasa sulit dan lama untuk dikurangi. Namun, jangan khawatir!

Menyadur dari halodoc, kimia farma, dan sehatqu, kamu bisa memilih produk perawatan kulit berjerawat dengan 5 kandungan di bawah ini. Semuanya dipercaya dan teruji klinis mampu mengatasi masalah tersebut.

1. Niacinamide

Niacinamide menjadi salah satu kandungan produk perawatan kulit berjerawat yang sedang diganderungi banyak orang. Nutrisi ini memiliki sifat anti inflamasi, sehingga bermanfaat dalam mengatasi masalah tersebut.

Niacinamide dapat mengurangi peradangan yang ditimbulkan oleh jerawat serta menyembuhkannya tanpa menyisakan bekas pada kulit. Penggunaannya juga dapat mengatasi bopeng, pernah dengar?

Bopeng bermakna kerusakan tekstur kulit yang disebabkan oleh jerawat yang dikelupas. Sementara itu, niacinamide juga akan menurunkan kadar minyak, sehingga pertumbuhan masalah tersebut bisa lebih terkendali.

2. Retinol

Kandungan satu ini juga sudah digemari para pemilik kulit sensitif karena dapat mengatasi jerawat. Retinol nyatanya merupakan turunan sintetik dari vitamin A yang mampu mempercepat regenerasi kulit serta meningkatkan produksi kolagen.

Tak hanya jerawat, beragam permasalahan kulit bisa berkurang dengan produk perawatan yang memiliki kandungan ini. Diantaranya, noda hitam, pori-pori besar, serta tanda penuaan dini yang dapat menurunkan tingkat percaya diri.

Namun, perlu diingat jika penggunaan retinol tidak bisa dibarengi oleh vitamin C. Pasalnya, pencampuran kedua bahan ini dapat menghilangkan masing-masing manfaatnya.

3. Salicylic Acid

Salicylic acid merupakan nama lain dari asam salisilat yang seringkali digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan ini bekerja dengan membuka pori-pori yang tersumbat akibat kotoran serta mengurangi sel-sel kulit mati.

Manfaat ini diperoleh karena salicylic acid bersifat anti inflamasi sekaligus anti bakteri. Kemudian, nutrisi tersebut juga mampu berperan sebagai eksfoliator yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Dalam penggunaannya, kamu diwajibkan untuk berhati-hati. Jika tidak tepat, maka dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kering, iritasi, serta sensasi panas yang menganggu.

4. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau lebih dikenal dengan nama tea tree oil ini baik dalam mengurangi jumlah jerawat, lho. Produk dengan kandungan tersebut juga akan membantu bekasnya yang seringkali menghitami kulit.

Berbagai penelitian mengatakan bahwa cara kerja tea tree oil sama efektifnya dengan benzoil peroksida. Nutrisi ini bahkan mampu mengecilkan pori-pori dan membersihkannya, serta mengurangi minyak berlebih pada kulit.

Namun, para pemakai diharapkan menguji tingkat sensitif terlebih dulu pada tangan, sebelum mengaplikasikannya pada wajah. Pasalnya, kandungan ini dapat menimbulkan reaksi alergi.

5. Centella Asiatica

Centella asiatica sudah lama dijadikan bahan produk perawatan kulit berjerawat. Jenisnya sendiri terbagi menjadi dua, yang masing-masing memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulitmu.

Pertama ada asiatic acid, nutrisi yang bersifat antioksidan dan anti inflamasi, berguna untuk mengurangi peradangan pada kulit. Jenis lainnya adalah asiaticoside yang dapat menyembuhkan luka bekas jerawat serta meningkatkan produksi kolagen.

Ditambah, asiaticoside juga mampu menenangkan kulit kemerahan akibat jerawat. Manfaat ini diperoleh karena sifat anti inflamasi yang terdapat pada jenis kandungan centella tersebut.

Nah, usai mengetahui kandungan produk perawatan kulit berjerawat diatas, mana yang akan kamu pilih untuk mengatasi masalah tersebut?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak