facebook

Berbeda dengan Egois, Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri

Anni Sasa
Berbeda dengan Egois, Ini 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Mencintai Diri Sendiri
Ilustrasi Self Love. (Pixabay//Geralt)

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa mencintai diri sendiri tidak jauh berbeda dengan egois. Padahal kenyataannya kedua sifat tersebut jelas berbeda. Mencintai diri sendiri bukan berarti egois, seperti kamu ingin menang sendiri atau selalu benar sendiri.

Self love atau mencintai diri sendiri adalah upaya kamu untuk menghargai dan menyayangi dirimu sendiri, berusaha untuk peduli dan menata hidup kita menjadi lebih baik. Selain itu, self love juga memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan mental kita.

Dalam hal ini, terbiasa mencintai diri sendiri dapat memberi dampak positif  bagi kita untuk lebih menerima diri sendiri secara apa adanya. Namun tidak hanya itu, masih ada beberapa alasan lain mengapa kamu harus lebih mencintai diri sendiri.

1. Kamu akan memahami bahwa setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing

Semua orang memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing. Namun jangan selalu terpaku hanya dengan melihat kekurangan yang kamu miliki, cobalah melihat sisi positif atau kelebihan dirimu yang tidak mampu diketahui orang lain. Kamu bisa berusaha memaksimalkan kelebihan yang ada untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki.

2. Kamu akan lebih mudah menjalani pola hidup yang sehat

Self love bukan hanya tentang menerima diri sendiri, namun juga memberikan hal yang baik bagi diri sendiri. Sejak kamu berusaha untuk lebih mencintai diri sendiri, tentu kamu akan melakukan hal-hal yang berdampak baik, termasuk menjaga kesehatan tubuh. Katakan bahwa kesehatan diri itu mahal, sehingga kamu perlu membiasakan diri untuk tidak mudah stress, menjaga waktu tidur, olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan yang bergizi dan upaya lainnya.

3. Kamu belajar untuk menghadapi kesulitan

Saat kamu mampu untuk mencintai diri sendiri, kamu akan merasa terbantu untuk menghadapi masa-masa sulit. Terkadang ada banyak masa sulit yang harus kita hadapi, ketika hal seperti ini terjadi, jangan menganggap kamu sebagai orang yang buruk dan tidak bisa melewatinya. Percayalah kamu masih memiliki kekuatan untuk menghadapi segalanya.

4. Kamu mendapatkan kepuasan hidup

Saat kamu berhasil menerima diri sepenuhnya, baik kelebihan dan kekuranganmu, lebih fokus dengan apa yang menjadi mimpi dan tujuan hidup kamu, hal tersebut akan memberikan rasa puas atas usaha yang telah kamu lakukan.

Itulah beberapa alasan mengapa kamu harus mencintai diri sendiri. Bukan suatu kesalahan untuk mulai mencintai diri kita sendiri, karena self love jauh berbeda dengan selfish (egois).

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak