facebook

6 Tips Memulai Jadi Podcaster, Kamu Berminat?

Monica Rini
6 Tips Memulai Jadi Podcaster, Kamu Berminat?
Ilustrasi audio (Freepik)

Di era perkembangan teknologi saat ini, berbagai informasi dan pengetahuan semakin mudah untuk dijangkau. Kita hanya perlu mengetikkan kata maupun perintah di mesin pencarian dan dalam sekejap, kita bisa menemukan apa yang diinginkan. Ya, semudah itu kan? Akses informasi yang semakin mudah, tentunya memberikan dampak positif sekaligus dampak negatif. Efektif dan efisien mungkin dua kata sederhana yang menggambarkan dampak positifnya. Sedangkan dampak negatifnya beragam, misalnya berbagai kejahatan dengan memanfaatkan teknologi seperti cyber bullying, penipuan, hingga penyebaran berita bohong atau hoax

Tentu sebagai seorang user atau pengguna kita harus lebih cermat dan bijaksana menyikapi segala perkembangan ini. Kita juga perlu lebih jeli dalam mencari, mengumpulkan , menyaring, dan menyerap informasi yang ada. Saat ini media elektronik banyak menyediakan layanan untuk menyajikan beragam informasi yang kita butuhkan. Bentuknya pun beragam, tidak hanya berita berupa tulisan-tulisan. Namun juga gambar, infografis, audio, hingga video. 

Nah, salah satunya adalah podcast. Apa itu podcastPodcast merupakan rekaman audio yang membahas beragam topik dan biasa disajikan melalui web maupun platform digital lainnya. Berdasarkan bentuknya podcast ini pun beragam, misalnya podcast interview yang melibatkan host dan narasumber untuk membahas sebuah topik. Ada juga podcast solo, dimana penyajiannya seperti monolog karena hanya melibatkan satu orang saja di dalamnya. Yang terakhir ada podcast multi-host, seperti namanya podcast ini melibatkan lebih dari satu host dalam membahas sebuah topik. 

Berdasarkan sebuah penelitian, pendengar podcast selalu meningkat setiap tahunnya. Tak heran, jika saat ini banyak orang berlomba-lomba untuk membuat podcast yang menyajikan beragam topik. 

Nah, kamu yang berminat menjadi seorang podcaster, simak beberapa tips untuk memulainya!

 1.    Tentukan konsep podcastmu 

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan seperti apa konsep podcastmu. Apakah kamu berminat membuat podcast interview, solo, maupun multi-host. Tapi kamu juga bisa mencoba beberapa jenis podcast ini untuk menarik minat para pendengar agar mereka tidak bosan, lho. Kamu bisa mengundang beberapa narasumber untuk membahas suatu topik atau di episode lainnya kamu bisa menghadirkan co-host untuk memberi warna yang berbeda pada podcastmu. Nah, kamu sudah kepikiran mau membuat podcast seperti apa? 

2.    Tentukan nama podcastmu

Salah satu Langkah yang penting adalah menentukan nama untuk podcastmu. Pastikan kamu memilih nama podcast yang menarik serta menggambarkan podcastmu, ya! Kamu juga bisa menggunakan nama yang unik, lho

3.    Tentukan aplikasi/platform yang akan digunakan

Nah, tips yang selanjutnya adalah menentukan aplikasi untuk membuat podcast. Kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi yang tersedia. Carilah aplikasi yang menurut kamu mudah untuk digunakan. Lalu, bagaimana dengan alat-alat perekam audionya? Untuk kamu yang masih pemula, dengan bermodal ponsel sudah bisa untuk membuat podcast. Seiring dengan berjalannya waktu, kamu bisa membeli mic dan peralatan lainnya yang mendukung podcastmu

4.    Pilih tempat yang tepat 

Nah, karena podcast ini merupakan rekaman audio. Tentunya kamu juga perlu memikirkan tempat yang akan kamu gunakan untuk memulai rekaman. Pastikan tempatnya membuatmu nyaman dan kondisinya cukup kondusif, sehingga kamu bisa lebih fokus dan suara yang dihasilkan pun baik. 

5.    Tentukan topik podcastmu

Tidak kalah penting adalah menentukan topik yang akan kamu bawakan. Pastikan kamu sudah melakukan research sederhana terlebih dahulu mengenai topik yang akan dibahas, ya! Karena berbicara itu juga ada seninya, kan?  Memerlukan pengetahuan dan pastinya bukan sembarangan.Nah, penting juga buat kamu untuk mencari tahu mengenai topik-topik aktual dan menentukan siapa sasaran pendengar podcastmu. Dengan memikirkan dua hal tersebut, maka kamu bisa menyesuaikan topik podcastmu

6.    Pembukaan atau penutup yang menarik 

Kamu perlu memikirkan bagaimana cara memikat pendengar untuk setia mendengar podcastmu. Selain menyajikan topik yang menarik, pembawaanmu juga sangat menentukan, lho! Nah, kamu bisa mulai memikirkan kalimat-kalimat pembuka atau penutup podcastmu agar pendengar juga mengetahui ciri khas dari podcastmu itu. So, kamu perlu membangun kesan untuk podcast yang sudah dibuat! 

Nah, itu adalah enam tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai menjadi seorang podcaster. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak