facebook

5 Jenis Produk Perawatan untuk Memperkecil Pori-Pori, Nomor 5 Sering Dilewatkan!

Xandra Junia Indriasti
5 Jenis Produk Perawatan untuk Memperkecil Pori-Pori, Nomor 5 Sering Dilewatkan!
Ilustrasi Memperkecil Pori-Pori yang Besar (freepik)

Pori-pori yang besar merupakan salah satu masalah kulit paling sering dikeluhkan bagi banyak orang. Pasalnya, dapat membuat tingkat percaya diri mereka menjadi menurun.  Nah, untuk memperkecil ukurannya, kamu bisa menggunakan 5 jenis produk perawatan wajah yang telah direkomendasikan oleh hellosehat dan nose herbalindo.

1. Pelembap Berbahan Dasar Air

Tidak sedikit pemilik wajah berminyak menghindari pelembap karena dianggap dapat meningkatkan produksi sebum itu sendiri. Opini ini disalahkan dengan alasan produk perawatan tersebut justru berperan penting bagi wajah.

Pelembap dapat membantu mengecilkan pori-pori yang. Tanpa bantuannya, kulitmu justru akan menghasilkan lebih banyak minyak. Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan memilih produk yang berbahan dasar air agar tidak tampak semakin mengkilap.

2. Krim Malam Berbasis Retinol

Retinol merupakan salah satu bahan aktif pada produk perawatan yang dapat memperkecil pori-pori. Hal tersebut disampaikan oleh sebuah studi di New York, Amerika Serikat, yang mengatakan bahwa senyawa ini akan mendorong regenerasi sel.

Saat kotoran dan sel kulit mati di lapisan teratas terangkat, maka kondisinya yang baru dengan tampilan pori aslimu bisa tampak. Dengan begitu, yang semula tersumbat dan terlihat besar akan menjadi lebih kecil.

Retinol biasa dapat kamu temukan pada krim malam. Manfaat lainnya, bahan ini akan menghambat gejala penuaan dini serta mencegah pertumbuhan jerawat pada kulit wajah.

3. Clay Mask

Clay mask berarti masker yang berbahan dasar tanah liat. Tak perlu khawatir karena sudah dipastikan aman bahkan memberikan manfaat penting untuk kecantikan. Khususnya bagi kamu pemilik pori-pori kulit wajah besar.

Masalah tersebut tentu dapat mengganggu penampilan. Nah, clay mask ini akan menyerap produksi minyak berlebih pada kulit serta membersihkannya dari kotoran yang menumpuk. Dengan begitu, pori-pori akan semakin mengecil.

Bagi kamu dengan tipe kulit berminyak disarankan memilih clay mask yang mengandung bentonite. Sementara, pemilik kulit kering bisa membeli produk yang memiliki kandungan kaolin di dalamnya.

4. Eksfoliator dengan Kandungan AHA dan BHA

Selanjutnya, produk yang dapat membantu mengecilkan pori-pori adalah eksfoliator dengan kandungan AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acid). Cara kerjanya, mengangkat sel kulit mati serta kotoran yang menyumbat pori-pori.

Sebuah penelitian di Amerika menyarankan kamu pemilik pori-pori besar untuk melakukan eksfoliasi sebanyak 1-2 kali seminggu. Jangan menggosok kulit wajah terlalu keras, karena dikhawatirkan akan membuatnya memerah bahkan luka.

5. Tabir Surya

Tak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV, tabir surya juga menjadi produk perawatan yang dapat memperkecil pori-pori wajah. Jika sering dan dibiarkan terlalu lama, kulitmu akan semakin rusak.

Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama mampu mengurangi kelenturan alami kulit. Akibatnya, kulitmu menjadi lebih kendur serta pori-pori yang terlihat lebih besar dari ukuran normal.

Gunakan tabir surya setiap hari pada kulit wajah hingga leher. Lakukan usai mandi secara rutin meski cuaca sedang mendung atau bahkan turun hujan.

Itulah lima jenis produk perawatan kulit wajah yang dapat mengecilkan pori-pori. Kamu perlu menggunakannya secara rutin agar memperoleh hasil yang maksimal.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak