facebook

Nostalgia dengan 6 Permen Jadul Ini, Ada yang Masih Ingat?

Xandra Junia Indriasti
Nostalgia dengan 6 Permen Jadul Ini, Ada yang Masih Ingat?
Permen Karet Warna-Warni (tokopedia)

Saat berbicara zaman dulu, belum lengkap rasanya jika tidak membahas sebuah jajanan. Misal, permen lawas yang menjadi salah satu makanan favorit anak-anak sejak lama. Di bawah ini ada 6 permen jadul yang bisa kamu jadikan ajang untuk bernostalgia.

1. Cokelat Berbagai Bentuk

Cokelat Payung (BKPP Kab. Demak)
Cokelat Payung (BKPP Kab. Demak)

Cokelat pada umumnya memanjang yang terbagi menjadi beberapa petak. Namun, di awal tahun 2000-an, camilan ini juga dikenal dengan beragam bentuk yang unik. Mulai dari kacamata, koin emas, hingga payung. Keberadaanya sendiri saat ini sudah terbilang jarang.

2. Gulali

Gulali (mesinarumanis)
Gulali (mesinarumanis)

Gulali merupakan salah satu jajanan sekolah legendaris yang keberadaannya saat ini mulai sulit ditemukan. Bahan dasarnya adalah gula yang diolah menjadi beberapa bentuk, seperti terompet, kupu-kupu, bunga, dan masih banyak lagi.

Selain rasanya yang lezat, bentuk serta proses pembuatannya yang menjadikan gulali terlihat menarik di mata anak-anak, di mana mereka senang dengan sesuatu yang dianggap unik. 

3. Permen Kapas

Permen Kapas (freepik)
Permen Kapas (freepik)

Permen ini berbeda dengan rambut nenek. Bentuknya lebih lembut serta berwarna cenderung putih menyerupai kapas. Rasanya sendiri beragam, mulai dari orisinil yang hanya menggunakan gula hingga dikombinasikan dengan berbagai macam buah, seperti melon, jeruk, atau strawberry.

4. Permen Sanca

Permen Sanca (shopee)
Permen Sanca (shopee)

Permen satu ini terbuat dari buah sanca dengan rasa yang cenderung asam dan manis. Bentuknya bulat menyerupai koin serta berwarna layaknya daging. Sementara teksturnya sangat lembut, sehingga bisa cepat dihabiskan tanpa diemut.

5. Pewarna Lidah

Permen Pewarna Lidah (bronson)
Permen Pewarna Lidah (bronson)

Kamu juga pasti tidak asing dengan permen lawas satu ini. Sesuai namanya, produk tersebut dapat mewarnai lidahmu dan seringkali dipamerkan oleh anak-anak kala itu kepada teman-temannya.

Permennya sendiri berjenis lolipop atau yang disajikan dengan gagang plastik. Rasanya khas, dimana ada kombinasi antara manis dan juga asam. Warna yang mengenai lidah pun bisa hilang secara berangsur. 

6. Permen Karet Warna-Warni

Permen Karet Warna-Warni (tokopedia)
Permen Karet Warna-Warni (tokopedia)

Selanjutnya ada permen karet warna-warni yang juga populer di awal tahun 2000-an. Bentuknya sendiri bulat dengan lima pilihan warna yang terdiri dari hijau, kuning, oranye, merah, dan biru.

Meski warnanya berbeda, permen ini memiliki rasa yang sama. Selain itu, elastisitas karetnya juga tidak bisa memanjang seperti jenis pasa umumnya serta sulit membentuk balon yang sering dilakukan oleh seseorang saat mengunyah permen karet.

Nah, dari keenam permen jadul di atas, adakah salah satunya yang menjadi favoritmu? Apakah saat ini kamu masih sering mengonsumsinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak